3 Pasien Corona Sembuh dan Boleh Pulang

Sekretaris Direktoral Jenderal (Sesditjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, sekaligus Juru Bicara (Jubir) pemerintah untuk penanganan wabah Covid-19, Ahmad Yurianto. (Foto Setkab)

| Tiga pasien terkonfirmasi positif terjangkit corona (Covid-19) dan dirawat di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan Jakarta, dinyatakan sembuh dan diperbolehkan pulang.

Hal tersebut disampaikan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang juga juru bicara penanganan Covid-19 di Indonesia, Achmad Yurianto.

”Ada 3 pasien yang secara klinis sudah membaik, tidak ada keluhan sama sekali. Secara laboratorium dua kali kita lakukan pemeriksaan hasilnya negatif, maka dinyatakan 3 pasien ini sembuh,” kata Yurianto di Jakarta, Kamis (12/3/2020) , seperti dilansir dari rilis resmi.

Lebih lanjut, Yurianto merinci ketiga pasien yang dinyatakan sembuh tersebut adalah pasien nomor 06, pasien nomor 14 dan pasien nomor 19.

Sebelum dipulangkan, menurut Yurianto, ketiga pasien diberi surat rujuk balik tertuju kepada puskesmas dimana bersangkutan tinggal.

”Ini sebagai bagian dari sistem monitoring apabila nanti dibutuhkan oleh pasien dan apabila ada kepentingan Puskesmas untuk melakukannya,” kata Yurianto.

Yurianto berharap, dalam waktu dekat akan menyusul lagi pasien sembuh dari Covid-19. Pasalnya, sudah ada 2 pasien yang dirawat di RSPI Sulianti Saroso hasil pemeriksaan laboratoriumnya dinyatakan negatif. (tb)