524 TKI Dari Malaysia Di Sumut, 120 Orang Tiba Hari Ini, Jalani Protokol Kesehatan Covid-19

Para TKI asal Malaysia jalani Protokol Kesehatan Covid-19 di Lanud Soewondo, Polonia Medan, Jumat (10/4/2020) (Foto: Istimewa)

| Dampak dari penutupan wilayah (lockdown) negara Malaysia akibat wabah corona (covid-19), termasuk habisnya masa kerja, sebanyak 524 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) pulang ke tanah air. Sebagai antisipasi dini, 524 orang TKI ini akan menjalani Protokol Kesehatan Covid-19.

Siang ini, Jumat (10/4/2020), sebanyak 120 orang TKI asal Sumatera Utara (Sumut) tiba di Pangkalan Udara (Lanud) Soewondo, Polonia Medan. Mereka ini adalah kedatangan gelombang ketiga dari total 500 orang TKI tersebut.

“Gelombang ketiga ini berjumlah 120 TKI,” kata Komandan Pangkalan TNI-AU (Danlanud) Soewondo Medan, Kolonel (Pnb) Meka Yudanto, kepada wartawan di lokasi.

Setelah melakukan pengecekan suhu tubuh dan penyemprotan disinfektan ke tubuh dan barang bawaan para TKI, mereka akan menjalani karantina sementara di Lanud Soewondo. Setelahnya, akan dijemput pemerintah daerah masing-masing.

“Mereka di sini dulu, (karantina sementara) beberapa hari, dan nanti akan diisolasi di daerah masing-masing,” terang Meka Yudanto.

Ia menyebutkan, para TKI ini akan dikarantina sementara di tempat tersebut sampai ada petugas dari masing-masing pemerintah daerah untuk menjemput warganya.

Seperti diketahui, sebanyak 389 orang TKI asal Sumut yang bekerja di Malaysia telah tiba di tanah air. Dari jumlah itu, 134 TKI (kedatangan pertama) karantina sementara di Taman Cadika Medan.

Sedangkan, 135 orang TKI (kedatangan kedua) dan 120 orang TKI (kedatangan ketiga) karantina sementara di Lanud Soewondo, Polonia Medan.

Sementara itu, dari informasinya, sisa 135 orang TKI akan tiba di bandara Kualanamo pada Jumat (10/4/2020) sore ini. (tb)