Anggota Komisi III DPR Minta Jokowi Pastikan Dewan Pengawas KPK Kredibel dan Bebas Intervensi Politik

Anggota Komisi III, DPR RI, Benny K Harman (Foto Twitter/BennyHarmanID)

Jakarta, TataBerita | Anggota Komisi III DPR, Benny K Harman, berkomentar terkait Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sudah dirampungkan Presiden Joko Widodo. Benny mengatakan, Jokowi harus membuktikan ke publik, anggota-anggota Dewan Pengawas KPK yang ditunjuknya, tidak digunakan menjadi alat politik baru.

“Saya minta Presiden Jokowi pastikan, meyakinkan publik bahwa anggota Dewas yang ditunjuk dan dia angkat sendiri tidak menjadi alat atau menjadi kepanjangan tangan oligarki kekuasaan,” kata Benny, Senin (16/12/19), seperti dikutip dari Kompas.com (16/12/19).

Benny pun berharap anggota Dewan Pengawas KPK ini teruji kredibilitasnya di hadapan publik serta bisa bekerja transparan, akuntabel dan bebas intervensi politik.

“Kredibilitas itu yang penting siapa pun dia, apakah mau orang politik, akademisi, mantan pimpinan KPK, mantan jaksa, mantan polisi, yang penting pastikan bahwa mereka bekerja secara transparan dan akuntabel dan tidak intervensi oleh presiden,” ujarnya.

Benny mengaku, sejak awal dirinya tak sepakat adanya Dewan Pengawas KPK karena dinilai salah satu cara melemahkan lembaga antirasuah itu.

“Jokowi harus menjamin mereka bekerja secara independen, tidak diperalat oleh Jokowi atau kekuasaan,” katanya.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo mengaku sudah merampungkan nama-nama yang akan duduk di struktur Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi.

“Sudah (final),” kata Jokowi di Jakarta, Selasa (10/12/2019). (tb/kc)