Antisipasi Corona, Arab Saudi Stop Kunjungan ke Negaranya

Ilustrasi Kabah di Kota Mekah, Arab Saudi (Foto Shutterstock)

| Kerajaan Arab Saudi merilis kebijakan penghentian kunjungan tujuan umroh dan wisata, Rabu (27/2/2020). Kebijakan ini dikeluarkan mengantisipasi semakin merebaknya wabah virus corona (Covid-19) yang berasal Wuhan, China, tersebut.

“(Kerajaan Arab Saudi) menghentikan sementara warga negara asing masuk ke Kerajaan Arab Saudi dalam rangka ibadah umrah dan mengunjungi Masjid Nabawi,” tulis keterangan resmi Kerajaan Arab Saudi.

Dalam keterangan tersebut, Arab Saudi juga mengeluarkan kebijakan larangan sementara kunjungan wisatawan mancanegara, terutama wisatawan yang berasal dari negara-negara yang sedang dilanda wabah Covid-19.

“Menghentikan masuknya warga negara ke Kerajaan Arab Saudi dengan menggunakan visa wisata, bagi mereka yang datang dari negara-negara yang terkena wabah virus corona,” kata Kementerian Luar Negeri Arab Saudi.

Kebijakan yang dikeluarkan Saudi ini bersifat sementara, dan pemberlakuannya terus dievaluasi. Arab Saudi juga menegaskan mendukung upaya internasional mengurangi penyebaran wabah corona. (tb)