Badan Pemeriksa Keuangan Audit Pengelolaan Dana Covid-19 Pemko Medan

Sekda Kota Medan, Wirya Alrahman Pane, Syafruddin Lubis selaku Wakil Penanggung Jawab dan didampingi Isaac Yudhistira selaku Ketua Tim di Balai Kota Medan, Selasa (9/9/2020) (Foto: Istimewa)

| Terkait tanggung jawab pengelolaan keuangan negara dan bantuan pihak swasta dalam bantuan sosial pandemi Covid-19, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) wilayah Sumatera Utara melakukan audit pemeriksaan pendahuluan terhadap Pemerintah Kota (Pemko) Medan.

“Pemeriksaan ini untuk memperoleh pemahaman atas hal pokok dan identifikasi kriteria pemeriksaan sebagai dasar bagi tim dalam menyusun pemeriksaan secara lebih rinci dengan sasaran pemeriksaan relokasi dan recofusing (anggaran Covid-19),” terang Wakil Penanggung Jawab Tim BPK, Syafruddin Lubis, di Balai Kota Medan, Selasa (9/9/2020).

Syafruddin yang didampingi Ketua Tim Balai Kota Isaac Yudhistira menambahkan, pemeriksaan pendahuluan ini akan dilakukan selama 15 hari ke depan.

“Kami tidak mengharapkan dalam penggunaan anggaran terjadinya penyimpangan,” imbuhnya.

Pihak BPK, ujar Syafruddin, berperan agar anggaran penanganan pandemi Covid-19 yang dikelola Pemko Medan tepat sasaran, baik penanganan kesehatan maupun penyaluran bantuan sosial.

Baca juga: Video: Minim APD, Petugas Puskesmas Cuci Ulang Baju Pelindung

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Medan Wirya Al Rahman mengimbau seluruh aparatur Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar memberi data sebenarnya untuk mempemudah tugas audit tim BPK.

“Ini menjadi tanggung jawab penuh masing-masing OPD yang menangani Covid-19. Untuk itu, berikanlah data yang sebenarnya kepada BPK agar audit yang dilakukan cepat selesai,” tandasnya. (tb)