Balita Asal Mandailing Natal Suspect Difteri Dirawat di RSUP HAM

MEDAN, Tataberita.com | Seorang balita berusia 5 tahun yang mengalami suspect difteri menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) H Adam Malik Medan.

Bocah berinisial PA, warga asal Kabupaten Mandailing Natal, Sumatera Utara ini masuk sekitar pukul 08.30 WIB, setelah dirujuk dari RS di Madina.

“Pasien masuk dengan keadaan nyeri menelan, kemudian ada bengkak pada kedua sisi leher, dan suaranya sudah parau. Pasien sudah diberi ADS dan sudah di EKG. Untuk sample swab-nya hari ini juga akan diambil,” kata Kassubag Humas RSUP Haji Adam Malik Rosario Dorothy Simanjuntak, Kamis (12/12/2019).

Rosa juga mengatakan, 2 dari 3 pasien suspect difteri asal Kabupaten Simalungun berinisial RS (3) dan MS (2) saat ini sudah dipulangkan. Pasalnya, kondisi keduanya telah membaik.

Sementara, abangnya YS (6) masih dirawat di RSUP Haji Adam Malik, karena tim dokter masih harus memantau dan mengobservasi jantungnya.

“Kedua pasien diperbolehkan pulang dengan catatan harus melakukan berobat jalan, dan tetap mematuhi aturan mengkonsumsi obat dari dokter,” pungkasnya. (tb)