Banjir Bandang di Medan, Air Sungai Meluap 3 Meter, 3 Jasad Korban Ditemukan

Banjir masing tergenang di jalan raya penghubung Medan-Binjai (Simpang Pinang Baris Medan), Jumat (4/12/2020) pagi (Foto: CCTV Dishub Kota Medan)

| Banjir bandang melanda pinggiran Kota Medan, Sumatera Utara, pada Jumat (4/12/2020) di hari tadi. Bahkan dikabarkan, air sungai Belawan meluap hingga 3 meter ke permukaan akibat desakan dari hulu sungai di pegunungan.

“Tim pada saat awal menerima informasi pada 00.20 WIB, memang ketinggian air sangat tinggi, bahkan di jalan raya saja sudah 1 meter,” terang Kepala SAR Medan, Toto Mulyono, kepada wartawan, Jumat (4/12/2020), di Medan.

Selain menenggelamkan ribuan rumah warga dengan air bercampur lumpur, sejauh ini, juga ditemukan 3 jasad warga korban banjir bandang.

Dua jenazah berjenis kelamin pria ditemukan di sekitar Pantai Bokek, Desa Tanjung Selamat, Medan Tuntungan, Medan, Sumatera Utara, Jumat (4/12/2020).

Selain itu, juga ditemukan jenazah berjenis kelamin perempuan yang mengenakan kerudung hitam dan baju lengan panjang merah dengan usia ditaksir 30-an tahun.

Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi menegaskan, pihaknya akan segera menyalurkan bantuan bagi para korban.

Dari pengamatan di lini masa media sosial, banjir bahkan masih menggenangi pemukiman warga di sekitar Sungai Deli. Sejauh ini, belum diperoleh informasi resmi mengenai penyebab dan jumlah kerugian akibat banjir bandang ini. (tb)