Banjir Jakarta, Anies Baswedan: Kami Bersikap Siaga dan Bertanggungjawab

Gubernur DKI, Anies Baswedan saat meninjau lokasi banjir di Manggarai Jakarta, Rabu (1/1/2020) (Foto: Istimewa)

Jakarta, TataBerita | Menyikapi banjir besar Jakarta, Gubernur DKI, Anies Baswedan, mengatakan pihaknya bersikap siaga dan bertanggungjawab. Seperti dilansir dari tayangan video berdurasi 1 menit dari laman resmi Anies Baswedan (Rabu, 1/1/2020), ia sedang berada di kawasan Manggarai Jakarta mengecek langsung penanganan banjir.

“Seluruh jajaran pemprov DKI dalam posisi siaga dan bekerja di lapangan. Semua fasilitas perkantoran dan sekolah telah disiagakan untuk lokasi pengungsian,” ujar Anies dalam tayangan tersebut.

Anies pun menghimbau warga untuk segera melaporkan segala kebutuhan ke kantor kelurahan dan nomor kontak layanan.

“Laporkan kebutuhan, terutama untuk evakuasi, bisa lewat nomor 112 (saat ini antrian telepon panjang) atau langsung ke kelurahan setempat jika lebih dekat dan mudah,” tuturnya.

Gubernur DKI tersebut pun menegaskan bahwa pihaknya bersikap tanggung jawab dan akan menanggulangi banjir sesegera mungkin.

“Faktanya ada banjir di Jabodetabek, termasuk di berbagai wilayah di Jakarta. Kami ambil sikap bertanggung-jawab, semua yang menjadi kebutuhan dasar keselamatan dalam kondisi banjir ini akan ditanggulangi. InsyaAllah semua segera tertangani dengan baik, seluruh warga selamat dan bisa beraktivitas seperti semula,” ujar Anies. (tb)