Bantu Pelaku Pariwisata Sumut, Pemerintah Salurkan 16 Ribu Paket Bantuan

Anwari Masatip, dr Sofyan Tan dan dr Ria Telaumbanua (dari ki-ka) saat penyaluran bantuan dari Kemenparekraf RI di gedung Serbaguna Politeknik Pariwisata Medan, Jl Rumah Sakit Haji Medan, Senin (29/6/2020) (Foto: Humas)

| Untuk meringankan beban para pelaku pariwisata di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) akibat pandemi Covid-19, Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI menyalurkan bantuan sebanyak 16.100 paket Bahan Pokok Lauk Siap Saji (Balasa).

“Secara resmi, penyerahan dan pendistribusian bantuan ini akan dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI kepada Gubernur dan Kapolda Sumut pada Kamis (2/7/2020),” ujar Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumut, dr Ria Telaumbanua, di gedung Serbaguna Politeknik Pariwisata Medan, Jl Rumah Sakit Haji Medan, Senin (29/6/2020).

Sebelumnya, ujar Ria, pihaknya telah melakukan pendataan pelaku pariwisata yang terdampak Covid-19. Pendataan ini sendiri berjalan selama 2-3 bulan.

“Awalnya kita lakukan pendataan di masing-masing daerah. Bekerja sama dengan Kadis Pariwisata di 33 kabupaten/kota dan asosiasi pariwisata. Kemudian, kita kirim ke pihak Kementerian. Lalu Kementerian kembali melakukan verifikasi data by name by adress. Jadi jelas siapa penerima bantuannya,” imbuhnya.

Secara simbolis, penyerahan ke gudang dan pra-distribusi bantuan ini diserahkan dan diawasi anggota Komisi X DPR-RI, dr Sofyan Tan.

“Kalau kita lihat langsung dari isi bantuan yang diberikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif ini tentu paketnya lebih baik dari bantuan yang diberikan instansi lainnya. Kami sebagai legislatif memiliki tugas untuk menyusun anggaran dan mengawasi anggaran. Kita harap tidak akan ada korupsi dalam penyaluran dan pendistribusian bantuan ini,” ujar Sofyan.

Sementara itu, Direktur Politeknik Pariwisata Medan, Anwari Masatip mengharapkan, bantuan ini bisa meringankan beban para pelaku pariwisata.

“Bantuan ini merupakan support moril maupun materil yang diberikan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk membantu meringankan beban pelaku pariwisata. Bantuan ini berupa Bahan Pokok Lauk Siap Saji (Balasa) berupa beras, gula pasir, minyak goreng, mie telur, tepung terigu dan kering kentang,” ujarnya.

Turut hadir dalam kegiatan penyerahan bantuan ini, antara lain perwakilan pariwisata di Sumut yakni ASITA, PHRI, HPI dan perusahaan desain kreatif. (tb)