Bawaslu Sumut Resmi Buka SKPP, Cetak Aktor Pengawas Partisipatif Pemilu/Pilkada

Rilis Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP), di Kantor Bawaslu Sumut, Jl H Adam Malik 193 Medan, Sabtu (2/5/2020) (Foto: Istimewa)

| Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Sumatera Utara resmi membuka Sekolah Kader Pengawas Partisipatif (SKPP), di Kantor Bawaslu Sumut, Jl H Adam Malik 193 Medan, Sabtu (2/5/2020). Acara pembukaan, bertepatan Hari Pendidikan Nasional ini, dilakukan secara daring (dalam jaringan) dan disiarkan langsung melalui kanal resmi Youtube Bawaslu Sumut.

“Ada 1.475 orang yang memenuhi syarat dari 1.621 orang peserta yang mendaftar dan tersebar di 33 kabupaten dan kota di Sumut,” terang Ketua Bawaslu Sumut, Syafrida R Rasahan, melalui siaran pers kepada TataBerita.

Syafrida menambahkan, jumlah pendaftar SKPP dari Sumut masuk peringkat empat di Indonesia, setelah Jabar, Jatim dan Jateng. Proses pembelajaran, ujar Syafrida, sesuai materi yang disusun Bawaslu RI, ada 3 tahap pembelajaran.

“Pembelajaran audio visual yang dimulai tanggal 5 Mei – 30 Mei, diskusi daring pada 1 Juni sampai 15 Juni serta ujian daring tanggal 15-30 Juni,” imbuhnya.

Sementara itu, anggota Bawaslu RI, Mochammad Afifuddin, melalui tayangan video mengatakan SKPP Daring adalah upaya pihaknya melibatkan masyarakat dan seluruh pihak dalam pengawasan pemilihan (Pemilu/Pilkada).

“Harapan kita bahwa dari SKPP Daring ini akan melahirkan aktor pengawas partisipatif yang menjadi mata dan telinga Bawaslu untuk turut mengawasi penyelenggaraan pemilihan,” pungkas Afifuddin.

Dalam acara pembukaan yang dipandu Dr Aminuddin (Anggota Bawaslu Deliserdang) dan disaksikan secara daring oleh Bawaslu 33 Kab/Kota di Sumut, juga tampak hadir anggota Bawaslu Sumut, yakni Suhadi Sukendar Situmorang, Marwan, Agus Salam Nasution, Johan Alamsyah dan Henry Sitinjak. (tb)