Benarkah Penggunaan Istilah Zona Merah Sekdaprovsu Sabrina?

Tangkapan layar status kewaspadaan virus corona di Singapura.(Ministry of Health (MOH) Singapore) (Sumber: Kompas.com)

| Belakangan, populer istilah zona merah penyebaran wabah virus Corona (Covid-19). Bahkan Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu), Sabrina, mengatakan tiga daerah di Sumut (Medan, Deliserdang dan Tanjungbalai) masuk zona merah penyebaran wabah virus Corona (Covid-19).

“Daerah ini menjadi pintu masuk dari luar. Karena itu, untuk penanganan Covid-19 yang tengah mewabah saat ini dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit dari pemerintah, mulai dari pusat hingga provinsi dan kabupaten/kota,” ujar Sabrina, Jumat (3/4/2020).

Benarkah penggunaan istilah zona merah Sekdaprovsu tersebut?

Berikut adalah penjelasan penggunaan istilah zona penanganan kasus wabah Corona (Covid-19) yang dikutip dari New England Complex Systems Institute, seperti dilansir dari tagar.id.

Dalam penanganan kasus wabah Corona (Covid-19) dikenal ada empat kode Zona, yakni Zona Hijau, Kuning, Oranye, dan Merah.

Istilah zona ini digunakan untuk memantau dan merespon wabah agar lebih efektif.

1. Zona Hijau
Negara atau wilayah tanpa kasus yang dikonfirmasi, atau tanpa ada pelancong yang terinfeksi yang datang dari negara/wilayah lain ke negara/wilayah ini.

2. Zona Kuning
Negara atau daerah dengan beberapa kasus penularan lokal, tetapi tanpa kelompok penularan komunitas.

3. Zona Oranye
Negara atau wilayah yang berdekatan dengan Zona Merah.

4. Zona Merah
Negara atau wilayah yang telah mempertahankan transmisi komunitas atau terjadi saling menularkan virus Corona di satu wilayah atau negara tersebut (misalnya China, Korea Selatan, Italia).

Dari beberapa contoh kasus penetapan zona merah, misalnya di Lamongan yang ditetapkan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, menjadi zona merah atau daerah terjangkit karena dari 152 orang, 10 pasien positif asal Lamongan, Jumat (3/4/2020) seperti dilansir dari detiknews.

Di Kabupaten Bogor, jumlah zona merah COVID-19 di Kabupaten Bogor menjadi enam kecamatan, yaitu Bojonggede (positif Corona, empat orang), Cibinong (positif Corona, 2 orang), Gunung Putri (positif Corona, tiga orang), Parung Panjang (positif Corona, 1 orang), Cileungsi (positif Corona, 2 orang), dan Ciomas (positif Corona, 1 orang), Jumat (3/4/2020), seperti dilansir dari ayobandung.

Berangkat dari definisi zona merah dan contoh kasus penetapan zona merah di beberapa daerah di Indonesia di atas, apakah pernyataan Sekdaprovsu, Sabrina, yang mengatakan ada beberapa daerah di Sumut masuk zona merah berdasarkan parameter daerah ini menjadi pintu masuk dari luar sudah benar? (tb/ti/dn/ab).