Berwisata dan Taman Surga

Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

TataBerita | Tak sedikit dari kita yang belum mengerti bahwa berwisata ke tempat yang indah diperlukan teknik khusus untuk menikmatinya. Seringkali, agenda perjalanan wisata justru menghasilkan pengalaman yang jauh dari diharapkan sebelumnya. Salah memilih tempat, kena macet di jalan, merasa tertipu harga restoran atau cinderamata dan lain sebagainya.

Namun, lebih penting dari itu semua, adalah mengaktifkan ‘teknik khusus’ di dalam diri anda sendiri. Seperti apa teknik khusus itu? Ya, kesadaran berwisata. Apa kata ‘kesadaran’ terdengar samar? Baik, mari kita mulai dari manfaat berwisata.

Selain menghilangkan stress dan mendapat kesegaran baru, berwisata juga punya manfaat lain yang disadari.

1. Anda bisa lebih mengenal diri sendiri
Saat berwisata, anda akan bertemu banyak hal baru. Beberapa darinya, akan menimbulkan perasaan tertentu di dalam diri. Nah, di saat ini mulailah mengenali perasaan-perasaan yang muncul: senang, takut, kecewa, harapan, ingin tahu dan sebagainya. Pada saat inilah sebenarnya anda bisa memulai mengenal lebih karakter diri.

2. Belajar memahami karakter orang lain
Saat melakukan perjalanan wisata, anda akan bertemu orang-orang baru dan kebiasaannya. Banyak pengetahuan baru bisa diperoleh, seperti daerah asal, adat, kebiasaan, atau hal-hal lain yang berbeda dari kehidupan anda sehari-hari.

Ini adalah kesempatan belajar memahami orang lain. Tidak semua orang punya karakter sama, justru bisa berkebalikan dengan karakter anda. Bila bersifat positif, bisa ditiru. Bila bersifat negatif bisa dijadikan pelajaran dan perbandingan.

3. Memperkaya wawasan baru tentang dunia luar
Anda cenderung jenuh bila melakukan hal yang itu-itu saja. Wawasan yang anda miliki pun jadi terbatas. kita punya belum tentu bertambah. Melakukan perjalanan wisata dengan berbagai pengalaman dan orang baru akan menambah informasi dan memperkaya wawasan anda.

4. Manajemen keuangan
Perjalanan wisata butuh biaya, kecuali jika seluruh akomodasi dibayar oleh sponsor. Untuk berwisata, anda perlu berlatih mengelola keuangan. Menyisihkan sebagian gaji untuk perjalanan wisata adalah contoh manajemen keuangan. Hal ini melatih anda belajar bijak mengatur keuangan.

5. Meningkatkan kemampuan beradaptasi
Saat di tempat asing, praktis alam bawah sadar anda akan melakukan adaptasi lingkungan. Awalnya, anda mungkin saja kaget, namun seiring waktu anda akan mulai belajar menyesuaikan diri. Kemampuan beradaptasi jelas penting buat anda dalam menjalani hidup keseharian.

6. Rasa syukur kepada Tuhan
Perjalanan wisata membawa anda menikmati Mahakarya Sang Pencipta. Keindahan alam, nikmatnya keberagaman dan rasa senang yang timbul dari diri anda akan membuat kita lebih bersyukur kepada Tuhan.

Nah, sekarang bagaimana? Apa anda sudah mengerti ‘teknik khusus’ berwisata? Ya, tekniknya tidak jauh dari anda bahkan ada di dalam diri anda sendiri. Semoga perjalanan wisata anda menyenangkan dan bisa menemukan keindahan taman surga di dalam diri anda sendiri. (tb/bs)