Bosan Janji Palsu, Pedagang Harap Walikota Mendatang Bawa Perubahan

Tim Re-Born saat menjaring aspirasi pedagang di Pajak Pagi Cahaya Medan, Rabu (5/8/2020) (Foto: Istimewa)

| Para pedagang di Pajak Pagi Cahaya berharap Walikota Medan mendatang bisa membawa perubahan ke arah lebih baik. Para pedagang ini mengaku, mereka sudah bosan dengan janji palsu para Walikota sebelumnya.

Kesimpulan ini diperoleh dari kegiatan Jemput Aspirasi Pedagang yang dilakukan tim Relawan Bobby Nasution (Re-Born) di Pajak Pagi, Jl Cahaya Kelurahan Durian Medan Perjuangan, pada Rabu (5/8/2020) pagi.

“Tengoklah, gang di sebelah saya ini. Sebelumnya Pak Rahudman (eks Walikota Medan-red) pernah menjanjikan akan memperbaiki gang ini. Tapi, kenyataannya sampai hari ini, sama sekali belum tersentuh pembangunan,” keluh seorang pedagang, Rosmida br Situmorang, kepada tim Re-Born.

Rosmida dan beberapa pedagang lainnya mengaku, banyak dari mereka kehabisan modal berdagang karena jumlah pembeli menurun drastis akibat pandemi Covid-19.

“Apa yang bisa dijual dan tidak membutuhkan modal besar lah yang saya dagangkan. Daripada tidak berdagang, keluarga saya tidak makan. Kalau bisa, pemerintah kucurkan pinjaman lunak tanpa bunga. Kami nggak tahu, sampai kapan kondisi sulit ini berakhir,” harap Rosmida yang diamini para pedagang lainnya.

Para pedagang ini pun berharap didirikannya koperasi pedagang, khususnya di Pajak Pagi Cahaya, agar para mereka tak perlu lagi meminjam ke koperasi yang ada saat ini, karena praktiknya justru menjerat pedagang dengan utang.

Baca juga: Pandemi Covid-19, Pedagang Pasar Petisah Puji Aksi Kepedulian Relawan Bobby

Sementara itu, Ketua Umum Re-Born, Suwarno, menerangkan, bahwa kegiatan Jemput Aspirasi Pedagang ini bertujuan melengkapi data untuk prioritas pembangunan kota Medan ke depan.

“Melalui penjaringan aspirasi ini, seandainya Bobby Nasution terpilih menjadi Walikota Medan pada Pilkada mendatang, ia sudah punya gambaran untuk melakukan pembenahan Kota Medan, khususnya para pedagang,” terang Ketua Umum Pelindung Persaudaraan Pedagang Pasar Bersatu (P4B) ini.

Suwarno yang didampingi Sekretaris Re-Born Rahmad Syah Harahap, Abu Bakar Nasution, Susilo dan Ketua Relawan Bondan Edi Darmendra, mengaku, mereka bersyukur karena Bobby Nasution punya perhatian besar pada pengembangan UMKM dan pasar tradisional. (tb)