Budi Mulia Bangun: Banteng Ketaton Bangkit, Menangkan Pilkada Serentak 2020

Drs. Budi Mulia Bangun (Foto: Istimewa)

Medan, TataBerita | Budi Mulia Bangun, mantan anggota DPRD Sumut 2 periode (1999-2009) Fraksi PDI Perjuangan, mengatakan sudah saatnya para Banteng Ketaton (kader tulen Marhaenisme) merebut hari rakyat di Pilkada serentak tahun 2020 yang akan dihela di 23 Kabupaten/Kota di Sumatera Utara.

“Kita (kader Marhaen-red) harus bisa melakukan kerja kerakyatan, buktikan keteladanan supaya rakyat mau milih kita di Pilkada 2020. Contoh itu, kerja Pak Jokowi,” ujar Budi, di Medan, Sabtu (4/1/2020).

Saat ditanya kesiapannya, Budi menjawab bahwa ia siap maju bertarung di Pilkada Kabupaten Karo 2020-2024.

“Bangun Karo itu perlu ketegasan. Jangan diatur-atur SKPD, petani harus dibela, jangan dikerjain sama tengkulak. Pertanian dan pariwisata harus diperhatikan, aku sudah punya pengalaman dan konsepnya,” ujar Budi.

Lebih lanjut, Budi pun mengatakan bahwa pemimpin harus bisa jadi teladan.

“Buktikan kita bisa hidup bersama rakyat. Kalau aku dari dulu sudah bolak-balik masuk kampung, kerja dan tinggal sama orang-orang di kampung. Kalau jadi Bupati, pembangunan itu harus diawasi langsung di lapangan. Pemborong jangan main-main sama rakyat, kalau curang jangan ragu disikat,” tegasnya.

Budi melanjutkan, bahwa sebagai kader ia pastikan akan maju dari PDI Perjuangan. Ia optimis dapat berkoordinasi dengan pusat pemerintahan terkait akses perencanaan dan pembangunan di daerah.

“Aku dari reformasi sudah berjuang bersama PDI Perjuangan. Mereka yang di pusat itu pun kawan seperjuangan semua. Pasti lebih mudah kita akses untuk pembangunan di Karo. Ibu (Ketum PDIP Megawati-red) jelas mendukung kalau kita berbuat sepenuhnya untuk rakyat. Kita bekerja untuk rakyat,” pungkas Budi. (tb)