Buronan KPK Nurhadi Ditangkap, BW: Bravo Novel Baswedan!

Penyidik senior KPK, Novel Baswedan (Foto: kompas.com)

| Setelah buron selama 4 bulan, akhirnya eks Sekretaris Mahkamah Agung (MA) Nurhadi berhasil ditangkap tim Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (1/6/2020) di sebuah rumah di Simprug kawasan Jakarta Selatan.

Keberhasilan penangkapan Nurhadi ini, dikomentari mantan Wakil Ketua KPK, Bambang Widjojanto.

“Bravo. Binggo. Siapa Nyana. Novel Baswedan pimpin sendiri operasi dan berhasil membekuk buronan KPK, Nurhadi mantan Sekjen MA di Simprug yang sudah lebih dari 100 hari DPO. Kendati matanya dirampok Penjahat yang dilindungi tapi mata batin, integritas dan keteguhannya tetap memukau. Ini baru keren,” kata Bambang Widjojanto lewat akun Twitternya pada Selasa (2/6/2020).

Seperti diberitakan, Nurhadi bersama bersama menantunya Rezky Hebriyono ditangkap tim gabungan KPK dan Polri di kawasan Jakarta Selatan.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Nawawi Pomolango membenarkan penangkapan buronan Nurhadi.

“Terima kasih dan penghargaan kepada rekan-rekan penyidik dan unit terkait lainnya yang terus bekerja sampai berhasil menangkap NHD (Nurhadi) dan menantunya RH,” ujar Nawawi, Senin (1/6/2020), seperti dilansir dari CNNIndonesia.

Seperti diketahui, Nurhadi ditetapkan tersangka perkara suap-gratifikasi Rp 46 miliar penanganan perkara di Mahkamah Agung.

Dalam kasus perkara suap ini, KPK menetapkan tiga orang tersangka, yakni mantan Sekretaris MA, Nurhadi; menantu Nurhadi, Rezky Herbiono; dan Direktur PT Multicon Indrajaya Terminal (PT MIT), Hiendra Soenjoto.

KPK kemudian menetapkan Nurhadi sebagai buron pada Kamis (13/2/2020), setelah mangkir dari pemanggilan sebanyak dua kali. (tb/cnni)