Bursa Calon Walikota Medan: Indra Aditya Pranata Tawarkan Kepemimpinan Model Milenial

Bakal Calon Walikota Medan 2020, Indra Adytya Pranata (Foto: Istimewa)

Medan, TataBerita | Kemunculan nama Indra Aditya Pranata dalam bursa pencalonan walikota Medan 2020-2024 bisa dianggap representasi generasi milenial. Hal ini dikatakan Indra terkait harapan perubahan di kota Medan melalui pendekatan kepemimpinan model Milenial, Medan, Rabu (1/1/2020).

“Pendekatan Kepemimpinan Milenial dalam pengelolaan Kota Medan, antara lain Digital Leadership, Shared Leadership, Thought Leadership dan Social Leadership,” ujar Indra.

Pendekatan Digital Leadership adalah penggunaan teknologi untuk membuat perubahan dan inovasi. Shared Leadership adalah kepemimpinan mengedepankan pentingnya komunikasi, relasi dan menjaga hubungan baik dengan orang lain, kolektif kolegial dan mengimplementasikan sistem holokrasi-partisipatif.

Lebih lanjut, Indra mengatakan butuh pendekatan Thought Leadership.

“Kepemimpinan yang menjelaskan bahwa seseorang dapat menjadi pemimpin ketika memiliki, ide, gagasan, keahlian dan menguasai suatu bidang untuk menghasilkan inovasi dalam pengelolaan Kota Medan,” ujarnya

Namun, menurut Indra, semua pendekatan tersebut bertujuan menghasilkan perubahan yang lebih baik. Hal tersebut membutuhkan keterlibatan warga kota.

“Pendekatan social leadership, kepemimpinan yang dilihat dari bagaimana seorang individu mampu mengumpulkan banyak orang, mengedepankan hubungan interpersonal dan bertujuan menyatukan masyarakat dengan cara memfasilitasi dialog dan mendorong kesempatan untuk menghasilkan perubahan Kota Medan yang lebih baik,” terangnya. (tb)