Cegah Corona, Masyarakat Sipil Desak Pemprov Sumut Adakan Rapid Test Segera

Gerakan Bergotongroyong Desak Pemprov Sumut Segera Adakan Rapid Test, Sabtu (28/3/2020) (Foto: Istimewa)

| Terkait pencegahan penyebaran wabah virus Corona (Covid-19), kelompok masyarakat sipil  Gerakan Bergotongroyong mendesak Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Utara (Sumut) melakukan rapid test (tes cepat) sesegera mungkin.

“Rapid Test (tes cepat) harus dilakukan dari rumah ke rumah  sesegera mungkin, agar bisa dipetakan masyarakat yang terjangkit virus ini. Ini salah satu bukti penanganan serius pemerintah, jadi masyarakat tidak resah,” ujar Koordinator Gerakan Bergotongroyong, Bobi Septian, kepada TataBerita, di Medan, Sabtu (28/3/2020).

Menurut Bobi, komunitas sipil mendesak dilakukan rapid test (tes cepat) dari rumah ke rumah. Langkah awal, menurutnya, dimulai dari tenaga medis sebagai garda terdepan penanganan sekaligus paling rentan terpapar virus Corona (Covid-19).

“Gerakan Bergotong Royong mendesak Pemprov Sumut segera melakukan rapid test dari rumah ke rumah atau door to door, minimal langkah awal dari tenaga medis karena garda terdepan dalam penanganan sekaligus paling rentan terkena virus corona ini,” imbuhnya.

Bobi melanjutkan, Pemprov Sumut mesti bersinergi dengan Pemerintah Kota/Kabupaten di Sumut.

“Kita tidak ingin masyarakat panik, contohnya pemakaman pejabat Pemko Medan, diduga terpapar virus corona, mendapat penolakan dari warga sekitar lokasi pemakaman. Ini salah satu contoh kepanikan masyarakat yang harus ditanggulangi pemerintah,” tegasnya.

Seperti diketahui, Gerakan Bergotongroyong adalah komunitas masyarakat sipil yang aktif menggalang donasi dan melakukan aksi sosial pembagian masker, handsanitizer dan penyemprotan gratis di kota Medan. (tb)