Dampak Covid-19, Ketua Komisi I DPR-RI Salut Kegigihan Walikota Tanjungbalai

Ketua Komisi I DPR-RI, Meutya Hafid (Foto: Istimewa)

| Ketua Komisi I DPR-RI, Meutya Hafid, mengucapkan selamat dan salut atas kegigihan Walikota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH, yang mengupayakan pemulangan 440 orang pekerja migran (TKI) warga Tanjungbalai (Sumut) dari Malaysia.

“Saya mengucapkan selamat kepada Walikota Tanjungbalai, Bang Syahrial, yang telah berhasil memulangkan 440 orang warganya ke tanah air dari Malaysia. Kenapa saya ucapkan selamat, karena saya tahu kegigihan Bang Syahrial ini,” ucap Meutya melalui tayangan video durasi 1 menit, Rabu (20/5/2020) malam.

Lanjut Meutya, kegigihan Syahrial memulangkan warganya yang terkena dampak kebijakan lockdown pandemi Covid-19 di Malaysia, dibuktikan dengan upaya menghubungi dirinya berulangkali memastikan dukungan parlemen pada pengurusan administrasi di Kementerian.

“Saya ditelepon, mulai dari pagi sekali. Sampai ada yang jam 11 malam, hampir setiap hari, sampai beliau berhasil memulangkan warganya ke tanah air. Beberapa (kali), saya tidak angkat teleponnya untuk mengetes kegigihan beliau. Tapi, saya salut, beliau luar biasa,” imbuhnya.

Di samping itu, terang Meutya, Syahrial pun mampu berkomunikasi baik dengan berbagai pihak sehingga upaya pemulangan warganya dapat berjalan lancar.

“Akhirnya, ketika saya berhasil menghubungkan beliau dengan Kementerian Luar Negeri, beliau punya komunikasi yang baik, juga dengan Pemerintah Malaysia dan beberapa Kementerian lainnya, hingga akhirnya 440 orang warga Tanjungbalai bisa kembali ke tanah air,” ujar anggota Fraksi Partai Golkar ini.

Tak lupa, ia pun memberi motivasi kepada 440 orang pekerja migran warga Tanjungbalai yang difasilitasi kepulangannya oleh Pemerintah Kota Tanjungbalai.

“Selamat kepada teman-teman (TKI) yang sudah kembali ke tanah air. Mudah-mudahan bisa terus menjaga kesehatan, menjaga jarak (physical distancing), memakai masker, (rajin) mencuci tangan, juga pada warga Tanjungbalai umumnya jaga terus kesehatan,” pungkasnya.

“Dan, sekali lagi, saya mengucapkan bangga saya, oh iya karena salah satu Walikota termuda di Indonesia juga Bang Syahrial ini, saya berbangga hati dan mengucapkan selamat,” tutup Meutya. (tb)