Deklarasi HPN 2020: Dorong Kebudayaan Jadi Pilar Pembangunan

Walikota Ambon, Richard Louhenapessy, salah seorang penerima Anugerah Kebudayaan PWI, menandatangani Deklarasi Banjarmasin (Foto: Satumaluku)

Banjarmasin, TataBerita | Kebudayaan menjadi isu sentral dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) yang dipusatkan di Banjarmasin tahun ini. Selain memberikan Anugerah Kebudayaan kepada kepala daerah, HPN 2020 juga menghasilkan Deklarasi Banjarmasin, Jumat (7/2/20202).

Deklarasi ini berisikan ajakan kepada semua pemangku kepentingan mendorong kebudayaan menjadi salah satu pilar pembangunan di Indonesia.

“Pers sebagai pilar keempat demokrasi harus mengawal seluruh bidang kehidupan berbangsa dan bernegara, khususnya kebudayaan, yakni mewujudkan kebudayaan yang berkepribadian, yang menjadi salah satu pesan Trisakti Presiden Sukarno,” kata Ketua Pelaksana Anugerah Kebudayaan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Yusuf Susilo Hartono, seperti dilansir dari siaran resmi.

Deklarasi ini ditandatangani oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendi, bersama Bupati/Walikota penerima Anugerah Kebudayaan, Ketua PWI Pusat Atal S. Depari, Dewan Juri Anugerah Kebudayaan, dan Ketua Pelaksana Anugerah Kebudayaan PWI Yusuf Susilo Hartono.

Dalam kesempatan yang sama, Menko PMK Muhadjir Effendi menyambut positif kegiatan HPN tahun ini. Termasuk pemberian Anugerah Kebudayaan oleh PWI kepada kepala-kepala daerah yang memajukan kebudayaan.

“Ini sangat bagus untuk mendorong dan merangsang daerah-daerah untuk melakukan pendataan, penataan, dan revitalisasi berbagai macam situs keluhuran budaya di daerah itu,” ucap Muhadjir.

Muhadjir juga menambahkan, hal tersebut juga berkaitan erat dengan program prioritas pemerintah pusat di bidang kebudayaan. Untuk hal tersebut, pemerintah telah menyiapkan Dana Abadi Kebudayaan sebesar Rp 1 triliun per tahun yang bisa dimanfaatkan untuk kegiatan para budayawan.

Adapun isi lengkap Deklarasi Banjarmasin sebagai berikut:

Kami Persatuan Wartawan Indonesia bersama Bupati/Walikota penerima Anugerah Kebudayaan PWI Pusat 2020, seniman, budayawan, akademisi, dan pencinta kebudayaan mengajak semua pemangku kepentingan bersama-sama mendorong kebudayaan sebagai salah satu pilar pembangunan di Indonesia. HPN – Banjarmasin, 7 – 2 – 2020. (tb)