Demokrat: Dewas KPK Harus Bisa Buktikan Bukan Perpanjangan Tangan

Waketum Demokrat, Syarief Hasan. (Foto: merdeka.com)

Jakarta, TataBerita | Wakil Ketua Umum Partai Demokrat sekaligus Wakil Ketua MPR-RI 2019-2024, Syarief Hasan, mengatakan lima Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang baru dilantik dapat memperkuat lembaga antirasuah tersebut. Hal ini dikatakannya mengingat rekam jejak para anggota Dewan Pengawas KPK yang baru dilantik tersebut.

“Dari lima nama (Dewan Pengawas), semua itu saya pikir bisa memperkuat kinerja KPK ke depan. Kan tujuan kita revisi UU KPK kan untuk memperkuat,” kata Syarief di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta,¬† Jumat (20/12/2019), seperti dilansir dari kompas.com (20/12/2019).

Syarief  mengingatkan agar lima Dewan Pimpinan KPK bisa membuktikan ke publik bukan sebagai perpanjangan tangan Presiden Joko Widodo.

“Harapan kita itu, sekaligus tepis pandangan orang lain bahwa Dewas bisa jadi perpanjangan tangan pemerintah,” ujarnya.

Ia pun menambahkan bahwa cara kerja Dewan Pengawas KPK ini bersifat kolektif, maksimal dan bersama-sama dengan Pimpinan KPK periode 2019-2023.

“Saya pikir dewan pengawas ini kan kolektif, enggak sendiri-sendiri. Tentu kerja Pak Artidjo saat di MA berbeda dengan sekarang, karena saat itu kan dia ketua kamar pidana tentu akan berbeda jika bekerja sama dengan Dewan Pengawas,” pungkasnya. (tb/kc)