Dewan Pengawas KPK Dilantik Presiden Jokowi

Pelantikan dan pengambilan sumpah anggota Dewan Pengawas KPK periode 2019-2023 di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2019). (Foto: KOMPAS.com)

Jakarta, TataBerita | Dewan Pengawas KPK periode 2019 – 2023 resmi dilantik Presiden Joko Widodo atau Jokowi hari ini di Istana Negara, Jakarta, Jumat (20/12/2019). Tampak para pejabat negara turut hadir dalam pelantikan tersebut.

Lima orang anggota Dewan Pengawas KPK itu adalah Tumpak Hatorangan Panggabean (Ketua), Albertina Ho, Artidjo Alkostar, Syamsuddin Haris dan Harjono. Pelantikan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 140/P tahun 2019 tentang Pengangkatan Keanggotaan Dewan Pengawas Komisi Pemberantasan Korupsi 2019-2023.

Dari nama-nama tersebut, masing-masing punya rekam jejak. Misalnya, Ketua Dewan Pengawas KPK, Tumpak Panggabean seorang mantan jaksa dan sempat menjadi pelaksana tugas pimpinan KPK pada 6 Oktober 2009. Artidjo Alkostar adalah salah satu Hakim Mahkamah Agung yang dikenal kerap memberi vonis berat para terdakwa korupsi.

Albertina Ho, sosok ini pernah menjadi sorotan saat menangani perkara suap pegawai Direktorat Jenderal Pajak Gayus Tambunan. Saat itu, ia adalah hakim di Pengadilan Jakarta Selatan dan menghukum Gayus 7 tahun penjara dan denda Rp 300 juta.

Sebelumnya, Syamsuddin Haris dikenal sebagai peneliti ilmu politik di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Harjono adalah mantan hakim Mahkamah Konstitusi dan sekarang menjabat Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu. (tb)