Dewan Perpustakaan Sumut: Masa Pandemi Covid-19, Tetap Gelorakan Budaya Literasi

Dewan Perpustakaan Provinsi Sumatera Utara

| Di tengah wabah virus Corona (Covid-19), Dewan Perpustakaan Provinsi Sumatera Utara mengimbau masyarakat tetap menggelorakan budaya literasi, yakni meningkatkan minat membuat tulisan bermanfaat.

“Di masa pandemik Covid-19 ini, minat baca dan tulis menulis harus terus digelorakan. Masyarakat harus mengisi waktu di rumah saja (stay at home) dengan hal yang bermanfaat,” ujar Ketua Dewan Perpustakaan Provsu, Prof Hasim Purba, melalui siaran pers kepada TataBerita, Senin (4/5/2020).

Untuk mendukung hal tersebut, ujar Prof Hasim, Dewan Perpustakaan mendorong perpustakaan-perpustakaan daerah tetap melayani masyarakat.

“Apabila dimungkinkan, operasional Perpusda tetap buka secara terbatas dan apabila tidak memungkinkan, Perpusda harus tetap mengoptimalkan layanan dalam jaringan (online service) atau perpustakaan digital,” imbuhnya.

Menurut Prof Hasim, sesuai hasil rapat, Dewan Perpustakaan Sumut merekomendasikan mengimbau agar dinas mengembangkan berbagai pelatihan online terkait minat baca, literasi dan kecakapan menulis. Mengembangkan kerja sama strategis di bidang perpustakaan digital dan pelatihan online.

“Kami juga mengimbau agar perpustakaan kabupaten/kota melakukan hal yang sama dengan Perpusda Provsu dalam mengaktifkan layanan perpustakaan digital,” tegasnya.

Dalam kesempatan ini, Prof Hasim Purba juga mengumumkan anggota Dewan Perpustakaan Sumut Periode 2020-2023  yang telah mendapat SK dari Gubernur Sumut Edy Rahmayadi terhitung sejak April 2020.

Keanggotaan Dewan Perpustakaan berasal dari beragam latar belakang profesi, ada juga yang duduk secara ex-officio seperti posisi Sekretaris Dewan yaitu Kabid Pembinaan SDM dan Kelembagaan Dinas Perpustakaan Provsu, Drs Daswar Purba.

Anggota ex-officio yaitu Kepala Seksi Pemberdayaan SDM dan Kelembagaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Provsu, Drs Suriadi.

Keanggotaan lainnya, dipilih melalui seleksi tim, yakni Prof Dr Hasim Purba (unsur Penulis), Hairani Lubis (unsur Pustakawan), Taufik Hidayat (Pustakawan), Taslim Moeis (Pemustaka), M Rusli Harahap (Pemustaka), Dr HM Joharis Lubis(Akademisi), Drs Kariono (Akademisi), Ir Doni Irfan Alfian (Penerbit); Alkaushar Lingga (Sastrawan), Ranggini (Perekam), Muhammad  Arifin (Toko Buku) dan Bambang Riyanto (Pers). (tb)