Difasilitasi Pulang Dari Malaysia, TKI Warga Tanjungbalai Ucapkan Terima Kasih

Petugas medis melakukan rapid test dan cek kesehatan para TKI yang baru tiba di Tanjungbalai, Senin (18/5/2020) (Foto: Pemko Tanjungbalai)

|Tenaga Kerja Indonesia (TKI) asal Kota Tanjungbalai yang tiba hari ini, Senin (18/5/2020), di Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungbalai karena mereka difasilitasi untuk pulang ke tanah air.

“Terima kasih, Pak Wali (HM Syahrial-red). Terima kasih Pak Gubernur Sumut (Edy Rahmayadi-red), atas partisipasinya untuk penjemputan kami tiba di Indonesia,” ucap salah seorang TKI yang dijemput pulang, Nabila, warga Kampung Baru Kota Tanjungbalai, di Pelabuhan Teluk Nibung, Senin (18/5/2020) sore.

Nabila menambahkan, selama kebijakan lockdown antisipasi wabah Covid-19 diterapkan pemerintah Malaysia, para pekerja migran di sana mengalami kendala perekonomian.

“Selama berbulan-bulan ini, kami tak dapat bekerja dan kesulitan untuk makan di Malaysia,” imbuhnya.

Sementara itu, di lokasi sama, Walikota Tanjungbalai HM Syahrial SH MH menerangkan, proses penjemputan pulang para TKI ini menerapkan standar Protokol Kesehatan Covid-19, di antaranya rapid test dan karantina.

“Tentu kita berharap agar hasil tes mereka negatif agar bisa kembali ke rumah masing-masing. Sembari menunggu hasil tes, mereka akan ditempatkan di Karantina Sementara (GOR Mini), Kelurahan Sei Raja, Kecamatan Sei Tualang Raso, Tanjungbalai,” terang Syahrial.

Petugas menyemprotkan disinfektan ke rubuh dan barang bawaan para TKI yang baru turun dari kapal, Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai, Senin (18/5/2020) (Foto: Pemko Tanjungbalai)

Tampak, kapal ferry yang mengangkut 146 orang TKI warga Tanjungbalai dari Malaysia tiba di Pelabuhan Teluk Nibung Tanjungbalai, pada pukul 17.10 WIB, Senin (18/5/2020).

Saat keluar dari kapal, seluruh TKI langsung disemprot disinfektan dan cek kesehatan lanjutan oleh petugas medis. Jika ditemukan positif Covid-19, akan langsung dibawa ke RSUD Tengku Mansyur Tanjungbalai untuk perawatan lanjut. (tb)