Dugaan Korupsi PT ASABRI, KPK Tunggu Audit BPK

Kantor PT ASABRI, Jl Mayjen Sutoyo No 11 Cililitam, Jakarta Timur (Foto: Net)

Jakarta, TataBerita | Dugaan korupsi di tubuh PT Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (ASABRI) mencuat setelah Menkopolhukam, Mahfud MD, mengaku memberi perhatian serius dalam kasus ini. Menanggapi hal tersebut, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih menunggu hasil audit Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) terkait dugaan kerugian negara di BUMN yang mengelola dana para prajurit tersebut.

“Mereka (BPK) akan bahas dulu. Setelah itu KPK akan diundang untuk bahas bersama. Secara mendalam, tentu pihak BPK persiapkan dulu, kita tunggu dulu karena pihak BPK harus bekerja dulu,” ujar Ketua KPK, Firli Bahuri, Rabu (15/1/2020), seperti dilansir dari okezone.

Firli memastikan pihaknya siap menindaklanjuti dugaan korupsi yang ditaksir merugikan negara hingga Rp16 triliun ini.

Sebelumnya, Ketua BPK, Harry Azhar Azis, mengatakan pihaknya masih melakukan proses pengumpulan data dan informasi terkait kasus dugaan korupsi di PT Asabri. BPK menaksir kerugian negara akibat dugaan korupsi ini mencapai Rp10 sampai Rp16 triliun.

“Sekarang masih dalam proses pengumpulan data dan informasi yang diperkirakan potensi kerugian Rp10 sampai Rp16 triliun,” terang Aziz. (tb/oz)