Dukung SALWA Di Pilkada Tanjungbalai 2020, ‘Wak Udin Lagu’ Titip Masa Depan Kesenian Islami

HM Syahrial SH MH (baju putih) saat menerima amanah dari Hasanuddin M Yus atau Wak Udin Lagu (baju biru) didampingi Waris Thalib (baju oranye) dan para sesepuh JQI, di Kota Tanjungbalai, Rabu (8/7/2020) malam.

| Jamiyatul Qasidah Indonesia (JQI) Kota Tanjungbalai (Sumatera Utara) pimpinan Hasanuddin M Yus akrab disapa Wak Udin Lagu menyatakan dukungannya kepada pasangan HM Syahrial SH MH – H Waris Thalib SAg MM (SALWA) di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Walikota/Wakil Walikota Tanjungbalai pada 9 Desember 2020 mendatang.

“Allahu Akbar, Bismillah. Kami semua keluarga besar pengurus JQI Syahrial-Waris (SALWA) menjadi Walikota dan Wakil Walikota Tanjungbalai,” ucap Wak Udin Lagu saat menerima kunjungan silaturahmi SALWA di kediamannya, di Kota Tanjungbalai, Rabu (8/7/2020) malam.

Wak Udin terharu atas komitmen pasangan SALWA terhadap perkembangan kesenian Islami di kota Tanjungbalai. Menurutnya, kota berjulukan Kota Kerang ini pernah jadi barometer kesenian Islami, ia pun menitipkan amanat kepada SALWA mengembalikan kejayaan tersebut.

“Alhamdulillah, mereka (SALWA) bertanya ke kami, apa yang harus dilakukan (pengembangan kesenian Islami) ke depan. (Kunjungan) ini jadi sejarah bagi kami para seniman yang sudah tua ini. Dulu, kota Tanjungbalai merupakan barometer kesenian Islam. Kami titipkan masa depan seni budaya Islam pada Syahrial dan Waris,” harap seniman sepuh tersebut.

Menanggapi amanah dari Wak Udin Lagu, HM Syahrial SH MH menyatakan komitmen untuk pengembangan kesenian Islami di kota Tanjungbalai.

“Kami berkomitmen menghidupkan kebudayaan seni Islam di Kota Tanjungbalai. Dulu, tradisi Qasidah, Hadrah, Haflah, Barzanji dan Sinandong sangat merakyat di bumi Asahan ini, dari yang tua sampai yang muda. Syair-syairnya mengajak berbuat baik, berbuat benar. Bahkan, seingat saya, tradisi ini sering diperlombakan di Tanjungbalai. Insya Allah ini komitmen kami,” tegas Syahrial.

Baca juga: Pilkada Tanjungbalai 2020, Seluruh Pihak Mesti Kompak Jaga Kerukunan Umat Beragama

Senada, H Waris Thalib SAg MM menyambut positif amanah yang diberikan para tetua seniman kota Tanjungbalai ini.

“Insya Allah, jika diberikan amanah, ini adalah tugas kami membangkitkannya kembali. Setidaknya, banyak generasi muda Kota Tanjungbalai bisa gandrung dan mencintai tradisi seni syiar Islam,” tandasnya. (tb)