Edukasi Kreatif Cegah Corona, Ketua TP-PKK Tanjungbalai Bikin Lomba Tiktok Cuci Tangan

Brosur Lomba Tiktok Gerakan Cuci Tangan Ketua TP-PKK Tanjungbalai, Hj Sri Silvisa Novita M Syahrial (Dok. Istimewa)

| Untuk melakukan edukasi masyarakat secara kreatif terkait pencegahan wabah Corona (Covid-19), Ketua TP-PKK Kota Tanjungbalai (Sumut), Hj Sri Silvisa Novita M Syahrial akrab disapa Bu Vita, kembali mengadakan lomba “Gerakan Mencuci Tangan di Rumah Bersama Si Kecil” menggunakan aplikasi Tiktok.

“Iya, kita perlu membangkitkan kesadaran masyarakat dengan kegiatan-kegiatan kreatif. Kali ini, kita pakai aplikasi tiktok, melibatkan orang tua dan anak-anak,” ujar Bu Vita kepada TataBerita, Senin (30/3/2020).

Menurut Vita, lomba yang dimulai sejak 29 Maret 2020 dan pengumuman pemenang pada 18 April 2020 ini, bertujuan menyampaikan pesan pendidikan sejak dini dan mengisi kekosongan waktu saat tetap di rumah.

“Makanya, syarat lombanya harus bersama si kecil (anak). Pendidikan itu dimulai sejak dini, dari dalam keluarga sendiri. Isi kekosongan saat gerakan di rumah aja,” imbuhnya.

Terkait pencegahan wabah Corona (Covid-19), Vita berpendapat bisa ditangkal dari diri sendiri dan keluarga. Menurutnya, media sosial mesti dimanfaatkan untuk berbagi informasi positif dan mendidik.

“Kita terus mengajak bersama-sama menangkal wabah virus ini. Selain kebersihan diri dan lingkungan, media sosial juga dimanfaatkan untuk berbagi pesan positif dan mendidik. Insya Allah, bersama-sama kita bisa menjaga kota Tanjungbalai yang kita cintai ini,” pungkasnya.

Dari pantauan, masyarakat kota Tanjungbalai, terutama para Ibu merespon positif dan antusias mengikuti lomba kreatif ini.

“Ikutan challenge nya bu Wali… Keren, bermanfaat… Semangat awak ikutan,” tulis akun facebook Lia Nasution, Senin (30/3/2020).

“Assalamualaikum ikutan ahhh mengisi kekosongan pekerjaan dirumahhh. 6 langkah cara mencuci tangan yang benar. Biar sikecil terbiasa mencuci tangan sebelum makan dan menjaga selalu kebersihan,” tulis salah seorang peserta Dian Fida di akun facebook-nya.

Seperti diketahui, Hj Sri Silvisa Novita M Syahrial, gencar memberdayakan kegiatan kreatif di kota Tanjungbalai. Mulai dari industri kreatif Batik Kito (kain batik khas Tanjungbalai), pagelaran pantun dan musik dari barang bekas, teranyar mengadakan penyemprotan disinfektan melibatkan relawan dan institusi lain di kota Tanjungbalai. (tb)