Forum Medan Selatan: Medan Banjir, Pembangunan Abai Kawasan Resapan Air

Jubir Forum Medan Selatan, Pdt Johanes Tarigan STh (Foto: Istimewa)

| Persoalan banjir di kota Medan tak terlepas dari arah pembangunan yang mengabaikan kawasan resapan air yang ada ada di kota ini. Pendapat ini disampaikan Juru Bicara (Jubir) Forum Medan Selatan (FMS), Pdt Johanes Tarigan STh, Sabtu (22/8/2020).

“Kalau kita lihat, kawasan Medan Selatan sebagai daerah resapan air banyak beralih fungsi menjadi perumahan elit dan ruko. Parahnya, tidak ada kompensasi pengganti wilayah resapan air,” ucap Johanes.

Johanes menyesalkan, Pemerintah Kota (Pemko) Medan kelihatan tidak konsisten dengan Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), termasuk tidak menerapkan aturan ketat terkait dengan bangunan ramah lingkungan.

“Lihat itu kawasan Ringroad Ngumban Surbakti sampai ke wilayah Medan Tuntungan. Itu kan kawasan resapan air. Bangunan mall sampai apartemen melakukan ekspansi (perluasan-red) bangunan gedung. Tapi, soal aturan saluran air dan sumur resapan tidak konsisten diterapkan,” sesal spiritualis muda ini.

Baca juga: Forum Medan Selatan: Pembangunan Kota Medan Seperti Mercu Suar dan Narsis, Yang Pinggir Makin Terpinggirkan

Ke depan, harap Johanes, pembangunan kota Medan harus lebih berorientasi jangka panjang dan ramah lingkungan.

“Medan Selatan ini wilayah hulu sungai yang mengitari kota Medan. Jangan abaikan pembangunan visioner dan ramah lingkungan di sini. Kalau begini terus (pembangunannya), jangan terkejut kalau pusat kota itu nanti terendam air besar,” pungkasnya. (tb)