Forum Sisingamangaraja XII Sambut Baik Rencana Kunjungan Raja Belanda Alexander ke Dataran Tinggi Toba

Medan, TataBerita | Forum Sisingamangaraja XII menyambut baik rencana kunjungan Raja Belanda, Willem Alexander, ke dataran tinggi Toba pada medio bulan Maret 2020 mendatang. Hal ini seperti dikatakan Sekretaris Forum Sisingamangaraja XII, dr Robert Simanjuntak, kepada TataBerita, di Medan, Sabtu (11/1/2020).

“Rencana (kunjungan Raja Belanda-red) ini kita sambut baik. Kunjungan ini tentu semakin mempererat persahabatan, kebaikan dan perdamaian dunia,” ujar Robert.

Robert melanjutkan, kunjungan Raja Alexander ini pun bisa dianggap menyambungkan kembali diplomasi yang sempat terputus antara trah Sisingamangaraja XII dengan Ratu Wilhelmina.

“Raja Sisingamangaraja XII, awalnya, tak pernah berniat bermusuhan dengan siapapun. Ia selalu mengutamakan persahabatan diplomasi yang setara dengan pihak manapun, sebagai orang merdeka. Beliau bahkan sempat saling kirim surat dengan Ratu Wilhemina di Belanda. Penolakan dan kemarahan beliau muncul ketika ia melihat eksploitasi sumber daya alam dan manusia terjadi,” terangnya.

Lanjut Robert, bahkan Raja Sisimangaraja XII sempat mengutus Raja Mulia Naipospos untuk belajar ke Zending untuk menunjukkan niat persahabatannya.

“Raja Sisingamangaraja XII sangat menghormati persahabatan. Kunjungan Raja Belanda ini seperti membawa pesan khusus, menyambungkan kembali diplomasi terputus. Raja Alexander adalah cicit Ratu Wilhelmina sedangkan Raja Tonggo Tua Sinambela adalah cicit Raja Sisingamangaraja XII,” ujar Robert.

Seperti dikatakan Robert, Forum Sisingamangaraja XII sedang mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik untuk menyambut kunjungan Raja Belanda, Raja Willem Alexander. (tb)