GTPP Covid-19 Sumut: Seperti Tak Ada Kejadian, Medan Tak Penuhi Syarat New Normal

Kadis Kesehatan Sumut sekaligus Tim GTPP Covid-19 Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan (Foto: Istimewa)

| Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumatera Utara (Sumut) sekaligus tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Sumut, dr Alwi Mujahit Hasibuan, mengatakan Kota Medan tidak memenuhi syarat New Normal (kenormalan baru).

“Semua syarat (new normal-red) tidak terpenuhi. Bukannya turun, yang kena (positif Covid-19) malah makin naik,” kata Alwi di sela Rapat Dengar Pendapat dengan Pansus Covid-19 DPRD Sumut, di gedung DPRD Sumut, Jalan Imam Bonjol Medan, Senin (8/6/2020).

Lanjut Alwi, syarat utama New Normal, selain kesiapan pendukung kesehatan juga kesadaran masyarakat mematuhi protokol kesehatan.

“Sebenarnya kalau masyarakat pakai masker, rajin cuci tangan dan jaga jarak sudah aman itu. Tapi di luar (rumah-red) kita lihat seperti tak ada kejadian,” imbuhnya.

Provinsi Sumut sekarang ini, ujar Alwi, sampai tanggal 13 Juni memasuki masa transisi. Namun, untuk kota Medan sendiri masih berat untuk penetapan New Normal, apalagi semua kecamatan di Medan sudah zona merah.

“Ini adalah wabah. Tidak kena saja sudah syukur. Jadi jangan sepele kalau mau New Normal,” pungkasnya.

Untuk sekarang ini, Alwi menjelaskan pihaknya gencar melakukan sosialisasi dengan tokoh masyarakat, tokoh agama bahkan influencer agar masyarakat sadar. (tb)