Gubsu Ambil Alih Penanganan Corona Di Mebidang, Alokasikan Anggaran dan Bentuk Tim Pendisiplinan

Gubsu Edy (tengah, baju putih) bersama Walikota Tanjungbalai HM Syahrial (baju oranye), Bupati Asahan H Surya (paling kiri) dan dr Restuti Saragih (berjilbab) berdiskusi di RSUD Tengku Mansyur Tanjungbalai, Rabu (8/4/2020) (Foto: Humas Sumut)

| Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, melalui Satuan Gugus Tugas (Satgas) Covid-19 Sumatera Utara (Sumut) akan ambil alih penanganan virus Corona di tiga wilayah, yakni Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deliserdang (Mebidang).

“Ke depan, yang sudah ditangani ada tiga klaster, tiga zona, Binjai-Medan, Medan-Deli Serdang, itulah Mebidang (Medan, Binjai, Deli Serdang). Ini klaster-klaster yang kita siapkan untuk mencegah tren (Covid-19) yang sekarang sedang meningkat. Kita ambil alih oleh Gugas (Gugus Tugas) provinsi,” terang Gubsu Edy usai rapat evaluasi di rumah dinas Gubernur, di Jl Sudirman Medan, Selasa (4/8/2020).

Ketiga daerah ini, ujar Gubsu, menjadi prioritas penanganan virus Corona. Selain itu, penanganan ini akan diikuti alokasi anggaran dari Pemprov Sumut.

Baca juga: Tes Corona, Resmikan Lab PCR RS USU, Gubsu Edy: Ini Satu-Satunya Di Sumut!

“Jadi, tugasnya Walikota Medan, Walikota Binjai, Kabupaten Deli Serdang, kita ikut di dalam, di situ bersama kabupaten dan kota untuk mengatasi. Nggak ikut (menangani-red) pun, konsekuensinya anggaran ke situ. Ini lebih kita prioritaskan di dua kota satu kabupaten,” terang mantan Pangkostrad ini.

Gubsu menambahkan, pihaknya memastikan pasien Corona dengan gejala ringan dan sedang di tiga daerah itu diisolasi. Di samping itu, ia akan membentuk tim pendisiplinan protokol kesehatan terhadap masyarakat. (tb)