Gubsu Edy di Tanjungbalai: Dikatakan Zona Merah Agar Perhatikan Orang Datang, Terutama Dari Malaysia

Gubsu Edy (tengah, baju putih) bersama Walikota Tanjungbalai HM Syahrial (baju oranye), Bupati Asahan H Surya (paling kiri) dan dr Restuti Saragih (berjilbab) berdiskusi di RSUD Tengku Mansyur Tanjungbalai, Rabu (8/4/2020) (Foto: Humas Sumut)

| Sempat disebut masuk zona merah penyebaran wabah virus corona (covid-19), ternyata bertujuan agar seluruh pihak, terutama Pemerintah Kota (Pemkot) Tanjungbalai, meningkatkan perhatian terhadap masuknya orang dari luar wilayah, terutama dari Malaysia.

Hal ini dinyatakan langsung Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi saat cek kesiapan lapangan di RSUD Tengku Mansyur dan Lokasi Karantina Sementara TKI di Kota Tanjungbalai, Rabu (8/4/2020).

“Jika dilihat dari jumlah kasus, Tanjungbalai memang belum ditemukan pasien yang positif, tapi secara letak geografi bisa dikatakan zona merah agar diperhatikan datangnya orang, terutama dari Malaysia,” ucap Gubsu Edy.

Di lokasi karantina sementara Tenaga Kerja Indonesia (TKI), GOR Mini Kota Tanjungbalai, Gubsu Edy menenangkan dan memotivasi 20 orang TKI, sebagian besar asal luar Kota Tanjungbalai, yang tengah difasilitasi isolasi Pemkot Tanjungbalai.

“Kalian tidak sedang dihukum, tetapi sedang menjalankan prosedur untuk minimalisir penyebaran Covid-19. Selama menjalani masa isolasi, banyak berolahraga dan terus berdoa agar semuanya bisa sehat,” ujar mantan Pangkostrad tersebut.

Setelahnya, saat berkunjung ke RSUD Tengku Mansyur Kota Tanjungbalai, Gubsu Edy menyerahkan 50 Alat Perlindungan Diri (APD), 100 buah rapid test dan 1.000 masker ke pihak rumah sakit.

“Dengan petugas kesehatan yang sudah dilengkapi APD, saya harap rumah sakit jangan ada yang menolak pasien baik itu ODP ataupun PDP,” pesan Gubsu Edy.

Walikota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH, mengapresiasi kepedulian Gubsu Edy dan mengaku siap menjalankan amanah memaksimalkan pencegahan penyebaran wabah corona (covid-19) di Kota Tanjungbalai.

“Saya selaku Walikota Tanjungbalai, mengucapkan terima kasih kepada Bapak Gubsu Edy Rahmayadi yang telah hadir melihat situasi Kota Tanjungbalai. Bantuan ini akan kita gunakan secara maksimal mengatasi dan menuntaskan Covid-19, utamanya untuk tenaga medis, puskesmas dan rumah sakit yang menangani,” pungkas HM Syahrial.

Dalam kunjungan kerja Gubsu Edy Rahmayadi tersebut, tampak hadir pula Forkopimda Tanjungbalai, Hj Sri Silvisa Novita M Syahrial (Ketua TP-PKK Tanjungbalai) H Surya Bsc (Bupati Asahan), Yusmada SH (Sekdakot Tanjungbalai), Taufik ZA (Sekda Kabupaten Asahan) dan jajaran OPD Pemkot Tanjungbalai. (tb)