Gubsu Edy Rahmayadi: Medan, Binjai dan Deliserdang Masuk Zona Merah Covid-19

Gubsu Edy bersama tim saat kunjungan di RSUD Padangsidimpuan, Jl FL Tobing Padang Sidempuan, Selasa (7/4/2020) (Foto: Humas Sumut)

| Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Edy Rahmayadi, mengatakan Kota Medan, Kota Binjai dan Kabupaten Deli Serdang sudah ditetapkan sebagai zona merah penyebaran virus corona (Covid-19).

Menurut Edy Rahmayadi, ketiga wilayah tersebut ditetapkan sebagai zona merah corona (Covid-19) karena banyak ditemukan penderita dan fasilitas kesehatan yang disediakan untuk menangani virus tersebut.

“Tiga daerah ini masuk zona merah karena berdasarkan jumlah pasien positif corona (Covid-19), pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP),” ujar Gubsu Edy di Padang Sidempuan, Selasa (7/4/2020).

Seperti diberitakan, Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara (Sekdaprovsu), Sabrina, sebelumnya mengatakan tiga daerah di Sumut (Medan, Deliserdang dan Tanjungbalai) masuk zona merah penyebaran wabah virus Corona (Covid-19).

Sabrina mengatakan, ketiga daerah ini masuk zona merah karena jadi pintu masuk dari luar wilayah Sumut.

“Daerah ini menjadi pintu masuk dari luar. Karena itu, untuk penanganan Covid-19 yang tengah mewabah saat ini dibutuhkan anggaran yang tidak sedikit dari pemerintah, mulai dari pusat hingga provinsi dan kabupaten/kota,” ujar Sabrina, di Medan, Jumat (3/4/2020).

Sementara itu, merujuk daerah lain di Indonesia, penetapan zona merah berdasarkan jumlah korban terjangkit virus corona (covid-19).

Seperti penetapan zona merah Kabupaten Lamongan oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, dikarenakan dari 152 orang, 10 pasien positif asal Lamongan, Jumat (3/4/2020) seperti dilansir dari detiknews. (tb/dn)