Indonesia Berhasil Produksi Kapal Selam Perdana, Satu-satunya di Kawasan Asia Tenggara

Kapal selam KRI 405 Alugoro di galangan PT PAL, Surabaya (Foto: PT PAL)

Banyuwangi, TataBerita | Indonesia melalui PT Penataran Angkatan Laut (PAL) Indonesia (Persero) berhasil produksi kapal selam perdana. Kapal selam buatan perusahaan BUMN dengan menggandeng Korea Selatan dalam skema transfer teknologi ini diberi nama KRI 405 Alugoro. Saat ini, sedang uji Sea Acceptance Test (SAT) sejak pertengahan Januari 2020 di Banyuwangi, Jawa Timur.

“Indonesia menjadi satu-satunya negara di kawasan Asia Tenggara yang mampu mengembangkan dan membangun teknologi kapal selam,” dikutip dari laman PT PAL, Selasa (21/1/2020).

Pembuatan kapal Selam ini dimulai sejak 6 April 2015 dan pada 11 April 2019 di galangan kapal milik PT PAL, Surabaya, Jawa Timur.

Perlu diketahui, jenis kapal selam ini Diesel Electric Submarine U209 / 1400 (KSDE U209 Chang Bogo Class). pesanan TNI Angkatan Laut hasil kerjasama antara PT PAL Indonesia (Persero) dengan dalam skema transfer teknologi.

Indonesia memesan tiga kapal selam dari Daewoo Shipbuilding & Marine Engineering Co., Ltd (DSME) Korea Selatan. Sebanyak dua unit sudah dibuat di Korea Selatan yaitu KRI Ardadedali 404 dan KRI Nagapasa 403. KRI 405 Alugoro sendiri diproduksi di galangan kapal PT PAL, Surabaya, Jawa Timur.

Bobot total kapal selam ini sebesar 1.460 ton saat muncul di permukaan dan 1.596 ton saat menyelam di bawah permukaan laut.

Keberhasilan pembuatan kapal selam ini semakin meyakinkan Indonesia untuk terus berkarya menghasilkan produk-produk kemaritiman lainnya. Kerjasama dengan negara lain dalam skema transfer teknologi, tentunya, berdampak positif jangka panjang, khususnya bagi industri pertahanan negara. (tb)