Jemput TKI Dari Malaysia, DPP Partai Demokrat: “Penghargaan Tinggi Buat Walikota Tanjungbalai”

Ir H Abdullah Rasyid ME (Foto: Istimewa)

| Kepala Biro Perhubungan DPP Partai Demokrat, Ir Abdullah Rasyid ME, memuji kepedulian Walikota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH, kepada pekerja migran (TKI) warga Tanjungbalai dengan memulangkan mereka dari negeri Malaysia ke tanah air.

“Insiatif dan upaya yang dilakukan ini harus kita apresiasi. Penghargaan yang tinggi kita berikan sama Pak Syahrial (Walikota Tanjungbalai-red),” terang Rasyid, di Jakarta, Selasa (19/5/2020).

Lanjut Rasyid, di tengah kebijakan lockdown pandemi Covid-19 yang diterapkan Pemerintah Malaysia, banyak pekerja migran mengalami kesulitan ekonomi karena tak sedikit dari mereka berstatus ilegal.

“Kita tahu, para pekerja migran kita alami kesulitan (ekonomi) akibat kebijakan lockdown pandemi Covid-19 ini. Mereka tidak dapat bantuan atau santunan layaknya warga negara Malaysia di sana. Karena kebanyakan tenaga kerja kita di sana, dikatakan tenaga kerja ilegal,” ujar mantan Staf Khusus Menko Perekonomian RI ini.

Di situasi pandemi Covid-19 ini, ujar Rasyid, khususnya Pemerintah Daerah yang warganya banyak jadi pekerja migran atau berbatasan dengan negara tetangga semestinya bisa mengambil langkah inisiatif sama.

“Kita juga berharap, inisiatif seperti ini tidak hanya dilakukan oleh Walikota Tanjungbalai, tapi juga Walikota Batam, Bupati Sanggau dan Kepala Daerah lain yang warganya banyak jadi pekerja migran atau berbatasan dengan negara tetangga,” pungkasnya. (tb)