Kabar Gembira! Unair – TNI AD – BIN Bikin Vaksin Corona, Sukses Uji Klinis Fase Tiga

Konferensi Pers Vaksin Corona, di Mabes AD Jakarta, Sabtu (15/8/2020) (Foto: Istimewa)

| Vaksin virus Corona hasil kerjasama Universitas Airlangga, TNI AD dan Badan Intelijen Negara (BIN) berhasil melewati uji klinis fase tiga dan memasuki tahap akhir, yaitu izin edar obat dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Pencapaian hingga pada titik ditemukannya kombinasi obat yang baru ini telah berproses panjang sejak bulan Maret 2020, serta sudah melalui tahapan uji klinis sebagaimana dipersyaratkan,” terang Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD), Jenderal Andika Perkasa, dalam keterangan pers, di Mabes AD Jakarta, Sabtu (15/8/2020).

Andika menambahkan, vaksin ini telah menyembuhkan 754 pasien positif Corona tanpa ventilator. Sebagian besar pasien tersebut, dirawat di Sekolah Calon Perwira (Secapa) Angkatan Darat Bandung, Jawa Barat.

“Pengujian tidak ada lagi, jadi hanya izin edar obat,” imbuh Andika.

Baca juga: Ketua Satgas Covid-19 Doni Monardo Daftarkan Diri Jadi Relawan Uji Vaksin Corona

Dalam keterangan pers tersebut, KSAD Andika turut didampingi Komjen Gatot Eddy Pramono, Ketua Komisi I DPR RI Meutya Viada Hafid, Rektor UNAIR Mohammad Nasih, Sestama BIN Komjen Bambang Sunar Wibowo, Direktur Kimia Farma, dan Perwakilan BPOM.

Informasi tambahan, sampai saat ini, Badan Kesehatan Dunia (WHO) belum merekomendasikan satu pun obat untuk mencegah atau mengobati Covid-19. (tb)