‘Kebun Binatang’ Kampus USU, Warisan Rektor Chairuddin Favorit Warga

Pengunjung memberi makan rusa di penangkaran Kampus USU, Medan, Sabtu (11/1/2020) (Foto: TataBerita)

Medan, TataBerita | Areal penangkaran rusa dan berbagai jenis burung di depan gedung Biro Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Jl Dr Mansyur Medan, ramai dikunjungi warga terutama hari libur. Seperti disaksikan TataBerita, Sabtu pagi (11/1/2019), puluhan pengunjung, terutama anak-anak, asyik bercengkrama dengan rusa-rusa di area penangkaran.

“Tempat ini gak pernah sepi, apalagi di akhir pekan, Bang. Ada saja yang datang, nggak hanya mau lihat rusa tapi juga istirahat,” tutur Maria (P/45), seorang pedagang, kepada TataBerita.

Maria membawa kantong plastik berisi sesayuran (wortel dan kangkung) dan kacang untuk dijual ke para pengunjung. Sesayuran ini, biasanya dibagikan pengunjung ke rusa-rusa untuk dimakan. Harga sekantong kisaran lima ribu rupiah.

“Dekat sama rumah kami. Tempatnya asri dan aman. Enak bawa anak-anak kemari. Ya, kalau bisa diperbanyak lagilah binatang-binatangnya, Bang,” harap Simon (L/35), salah seorang pengunjung yang membawa rombongan keluarga kemari.

Selain bermain dengan hewan dan burung di lokasi, para pengunjung lain pun terlihat beraktivitas olahraga atau sekedar duduk santai.

Rektor USU (1995-2010), Chairuddin P Lubis

Untuk diketahui, penangkaran rusa dan burung di kampus USU dimulai sejak Chairuddin P Lubis menjabat Rektor USU (1995-2010). Konon, rusa-rusa tersebut didatangkan dari Istana Presiden Bogor dan sumbangan pengusaha. Rektor yang satu ini pun, gemar mengoleksi burung dan berolahraga. (tb)