Kemendikbud Larang Penggunaan Plastik di Lingkungan Kerjanya

Mendikbud Nadiem Makarim. (Foto: Patra Rizki Syaputra/Rakyat Merdeka)

Jakarta, TataBerita | Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Makarim, menerbitkan Surat Edaran Nomor 12 Tahun 2019 mengenai Larangan Penggunaan Kemasan Air Minum Berbahan Plastik Sekali Pakai dan/atau Kantong Plastik di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

Dikutip dari laman resmi Kemendikbud, surat edaran ini bentuk komitmen Pemerintah lndonesia memerangi sampah plastik.

Dalam surat edaran tersebut, juga disebutkan pelarangan pembungkus makanan atau kemasan minuman plastik saat pelaksanaan kegiatan rapat, sosialisasi, pelatihan, dan kegiatan sejenis di kantor.

Mendikbud pun menghimbau seluruh pegawai Kemendikbud meningkatkan penggunaan peralatan makan dan minum yang terbuat dari kaca, melamin, keramik, dan rotan. Aktivitas jual beli di area kantin Kemendikbud juga harus meningkatkan penggunaan kantongan yang dapat digunakan kembali (reusable bag).

Surat edaran tersebut juga mencantumkan imbauan agar mengurangi penggunaan spanduk, backdrop, baliho, dan media iklan lain berbahan plastik pada kegiatan rapat, sosialisasi, pelatihan, dan kegiatan sejenis lainnya.

Tak lupa, Mendikbud pun meminta pimpinan tiap unit kerja  melakukan sosialisasi kepada pegawai di unit kerja masing-masing mengenai larangan penggunaan kemasan air minum berbahan plastik sekali pakai dan/atau kantong plastik. (tb)