Kemenlu RI Protes Arab Saudi Terkait Larangan Kunjungan

Menteri Luar Negeri (Menlu) Republik Indonesia Retno Marsudi (Foto Stkb)

| Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) Republik Indonesia melayangkan protes ke Kerajaan Arab Saudi terkait larangan 23 negara yang terkena wabah corona (Covid-19) berkunjung ke Arab Saudi.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menyatakan seharusnya Indonesia dikecualikan dari larangan ini, karena Indonesia belum terjangkit virus mematikan dari Wuhan tersebut.

“Saya sampaikan kepada Dubes Saudi, dan Dubes (kita) yang ada di Riyadh juga sudah mengirim surat. Ada 23 negara, salah satunya Indonesia. Kenapa Indonesia? Karena Indonesia itu kan belum (ada kasus corona),” kata Menlu Retno di Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (27/2/2020), seperti dilansir dari RMOL.

Sebelumnya Arab Saudi telah mengeluarkan kebijakan larangan sementara kunjungan ke Arab Saudi dari 23 negara untuk tujuan umroh dan wisata.

Larangan ini dikeluarkan untuk mengantisipasi semakin mewabahnya covid-19 yang telah ditetapkan oleh Badan Kesehatan Dunia WHO sebagai darurat kesehatan global.

Adapun 23 negara yang warganya dilarang masuk ke Arab Saudi yakni China, China Taipei, Hong Kong, Iran, Italia, Korea (Rep), Makau, Jepang, Thailand, Malaysia, Indonesia, Pakistan, Afghanistan, Irak, Filipina, Singapura, India.

Kemudian Lebanon, Suriah, Yaman, Azerbaijan, Kazakhstan, Uzbekistan, Somalia, dan Vietnam. (tb/rmol)