KPK Klarifikasi Soal Gagal Geledah Kantor DPP PDIP

Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar (Foto: Jawa Pos)

Jakarta, TataBerita | Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Lili Pintauli Siregar. klarifikasi kabar mengenai tim penyelidik KPK gagal geledah kantor DPP PDI Perjuangan, Jl Diponegoro Jakarta, Kamis (9/1/2020). Dikabarkan, gagalnya penggeledahan ini sebab ditolak petugas jaga kantor pusat partai tersebut.

“Sebetulnya tim penyelidik ini, tim lidik teman-teman tadi itu, hanya ingin mengamankan lokasi jadi model police line, tapi ini KPK line,” ujar Lili dalam keterangan pers di kantor KPK, Jakarta, Kamis (9/1/2020), seperti dilansir dari cnnindonesia.

Lili melanjutkan, pihaknya sejak awal memang tidak berniat menggeledah melainkan menyegel. Ia menambahkan, pihaknya sudah berkomunikasi dengan dewan pengawas terkait izin penggeledahan beberapa objek yang telah disegel.

“Kalau sprindik sudah terbit dan mungkin besok penyidikan, pasti mereka akan melakukan penggeledahan kan,” ujarnya.

Lebih lanjut, Lili menerangkan tim penyelidik sudah dibekali kelengkapan surat dan sudah berkoordinasi dengan petugas keamanan DPP PDIP. Namun, tidak serta merta diizinkan sebab petugas keamanan kantor harus konfirmasi dulu ke atasannya.

“Ketika mau pamit ke atasannya telepon itu enggak terangkat-angkat oleh atasannya, karena lama, mereka [tim penyelidik] mau (menyegel) beberapa objek lagi jadi ditinggalkan,” terang Lili.

Ketua DPP PDI Perjuangan, Djarot Saiful Hidayat, menolak kabar ada oknum yang menghalangi penggeledahan tim KPK di DPP PDIP. Menurutnya, KPK tak dapat menunjukkan surat-surat resmi saat hendak melakukan penggeledahan.

“Informasi yang saya terima bahwa yang bersangkutan tidak ada bukti-bukti yang kuat, surat, dan sebagainya,” jelas Djarot. (tb/cnni)