KPU Medan Buka Pendaftaran PPK dan Upayakan Tekan Tingginya Potensi Angka Golput

Ketua KPU Medan, Agussyah R Damanik (Foto: TataBerita)

Medan, TataBerita | Komisi Pemilihan Umum (KPU) kota Medan bergegas mempersiapkan pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang akan dilaksanakan pada Rabu (15/1/2020) mendatang. Hal ini dikatakan Ketua KPU Medan, Agussyah R Damanik, saat ditanya TataBerita kesiapan KPU Medan menyambut agenda Pilkada 2020, di kantor KPU Medan, Jl Kejaksaan Medan, Senin siang (13/1/2020).

“Pendaftaran PPK ini untuk membantu kinerja KPU dan seluruh komponennya, kan KPU teknis,” ujar Agussyah.

Agussyah melanjutkan, KPU membuka pendaftaran calon Walikota/Wakil Walikota Perseorangan akan dilaksanakan pada 16 Februari sampai 29 Februari 2020.

“Perseorangan dilakukan lebih awal untuk verifikasi data dukungan sebagai syarat pendaftaran,” ujarnya.

Sementara itu, calon yang diusung partai politik, KPU membuka pendaftaran Calon Walikota/Wakil Walikota pada tanggal 16 Juni sampai 18 Juli 2020.

Saat disinggung mengenai cara menekan tingginya angka golput sebagaimana Pilkada 2015 lalu, Agussyah mengatakan pihaknya akan menggandeng seluruh komponen untuk menyukseskan agenda Pilkada 2020.

“KPU kota Medan sudah memiliki langkah-langkah, baik itu eksternal maupun internal. Untuk eksternal KPU kota Medan mengajak parpol dan calon perseorangan untuk dapat memberikan edukasi politik bagi masyarakat, untuk internal pihaknya (KPU-red) akan sosialisasi dari media sosial dan lebih informatif lagi dan kreatif,” terangnya.

Ketika ditanyakan mengenai kampanye hitam, Agussyah pun mengatakan pihaknya telah mengantisipasi hal tersebut.

“KPU akan menggandeng Bawaslu dan pihak kepolisian untuk menyelidiki dan bersinergi dengan media-media untuk sosialisasikan dan ikut serta menjaga alam demokrasi di kota Medan,” pungkasnya. (tb)