KPU RI: Anggaran Pilkada Rp 4,1 Triliun Sudah Ditransfer Ke KPU Daerah

Komisioner KPU RI, Viryan Aziz (Foto: Istimewa)

| Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Viryan Aziz mengatakan, anggaran pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) sejumlah 4,1 triliun sudah ditransfer ke Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) per 11 Juni 2020.

“Data per 11 Juni yang kami terima, Rp 4,1 triliun sudah tertransfer dan sebagian besar sudah digunakan. Tadi barusan dari pejabat Kemendagri menyampaikan informasinya,” terang Viryan dalam Webinar yang diselenggarakan Kementerian Dalam Negeri, di Jakarta, Jumat (19/6/2020).

Menurut Viryan, jika Pilkada 2020 ditunda lagi hingga ke 2021, tahapan yang sudah berjalan akan kadaluwarsa dan dana Rp 4,1 triliun tersebut akan menimbulkan masalah tersendiri.

“Apabila pemilihan serentak ditunda sampai 2021 atau bahkan 2022, bisa dipastikan dana yang sudah tersalurkan itu hangus. Jadi, kalau kita juga menunda terlalu lama, bisa juga tahapan yang sudah berjalan secara faktual, secara kualitas menjadi kedaluwarsa. Kalau Pilkada ditunda, tentunya (uang Rp 4,1 triliun) ini jadi masalah tersendiri,” terangnya.

Ia pun memastikan, setiap tahapan Pilkada 2020 dilaksanakan sesuai Protokol Kesehatan Covid-19. (tb)