Kunjungi Pabrik Teh PTPN IV, Wagub Sumut Harap Wisata Edukasi Turut Dikembangkan

Wagub Sumut Musa Rajekshah saat kunjungi Pabrik Teh PTPN IV, Unit Bah Butong Sidamanik Kabupaten Simalungun, Minggu (19/7/2020) (Foto: Humas)

| Di samping fokus produksi komoditas unggul, Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah (Ijeck) berharap pihak PTPN IV juga mengembangkan wisata edukasi.

“Sektor wisata kebun teh ini menjanjikan, begitu pula dengan proses pembuatan teh di pabrik. Bisa menjadi wisata edukasi yang harus kita tingkatkan agar generasi muda kita mengenal sejarah perkebunan kita dan bangga bahwa kita punya teh asli Sumut,” ujar Ijeck saat mengunjungi Pabrik Teh PTPN IV, Unit Bah Butong, Sidamanik Kabupaten Simalungun, Minggu (19/7/2020).

Ijeck melanjutkan, pengembangan potensi wisata di wilayah perkebunan secara otomatis akan meningkatkan promosi komoditas teh asal Sumut, termasuk membantu perekonomian masyarakat setempat.

“Tadi, saya juga mengunjungi Air Terjun Bah Biak yang ada di areal perkebunan Sidamanik, ini bisa menjadi salah satu aspek wisata yang bisa kita jual,” tuturnya.

Ke depan, Wagub berharap lebih banyak lagi turis mancanegara datang berkunjung. Untuk itu, kunjungannya hari ini, bisa menjadi momentum bersinergi dan memaksimalkan potensi yang ada.

Senada, General Manager Distrik II PTPN IV Wispramono Budiman setuju dengan pandangan Wagub Sumut mengenai potensi wisata yang ada tak boleh diabaikan.

“Selain dari sisi perkebunan, tugas kami sebagai karyawan BUMN, sektor wisata yang bisa menjadi roda penggerak ekonomi lokal juga menjadi perhatian kami. Kami mengharapkan dukungan dari berbagai pihak baik Pemkab dan Pemprov, agar sama-sama kita sinergi dan sektor wisata ini tertata. Masukan-masukan yang Bapak berikan akan kami sampaikan kepada Direktur PTPN IV dan tindaklanjuti,” ucap Wispramono.

Turut hadir dalam kunjungan tersebut Wakil Ketua DPRD Sumut Harun Mustafa Nasution, Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Sumut Effendy Pohan, Komisaris PTPN IV Arief Budiono, tokoh masyarakat Simalungun Hasyim. (tb)