Lagi, Dua Orang Positif Corona Teridentifikasi di Indonesia

Sekretaris Direktoral Jenderal (Sesditjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, sekaligus Juru Bicara (Jubir) pemerintah untuk penanganan wabah Covid-19, Ahmad Yurianto. (Foto Setkab)

| Kementerian Kesehatan (Kemenkes) kembali mengidentifikasi 2 kasus baru positif corona (Covid-19). Dengan teridentifikasinya 2 kasus ini, jumlah orang terjangkit Covid-19 di wilayah Indonesia menjadi 4 orang.

Sekretaris Direktoral Jenderal (Sesditjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes, sekaligus Juru Bicara (Jubir) pemerintah untuk penanganan wabah Covid-19, Ahmad Yurianto, menyatakan 2 kasus baru tersebut ditemukan berdasarkan penelusuran kasus sebelumnya.

“Tambah 2 kasus lagi positif (Covid-19), yakni kasus nomor 3 dan 4, didapat berdasarkan penelusuran dari kasus nomor 1 dan nomor 2,” Kata Ahmad Yurianto di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (6/3/2020), seperti dilansir dari rilis resmi.

Lebih lanjut, Yurianto menerangkan, berdasarkan pengembangan kasus 1 dan 2, diperoleh fakta, ada sekelompok komunitas yang dianggap berpotensi terpapar Covid-19, sehingga diputuskan segera dilakukan penelusuran (contact tracing).

“Kita melakukan penelusuran, mencari, kemudian mengidentifikasi orang-orang yang kontak dekat dengan 2 kasus yang utama, kasus 1 dan kasus 2,” katanya.

Yurianto juga menyatakan penelusuran dilakukan dengan bantuan Kepolisian dan intelijen negara terhadap 80 orang yang tenggarai berada di tempat dimana kasus nomer 1 dan 2 terjangkit. Akhirnya, tim berhasil mengidentifikasi 2 orang lagi yang positif terjangkit Covid-19.

Kondisi kasus nomor 3 dan nomor 4 sekarang, menurut Sesditjen P2P, berdasarkan laporan terakhir, suhu badannya sekitar 37,6 derajat dan 37,7 derajat.

“Masih ada keluhan batuk, pilek, tetapi tidak ada keluhan sesak nafas. Sehingga kita berharap kondisi ini segera bisa kita intervensi agar dalam waktu dekat bisa menjadi baik,” pungkasnya. (tb)