Lagi, Pemko Tanjungbalai Sukses Jemput 155 Orang TKI Pulang Ke Tanah Air

Walikota Tanjungbalai HM Syahrial SH MH bersama Forkopimda Tnajungbalai saat menyambut kedatangan pekerja migran, Pelabuhan Teluk Nibung, Kamis (21/5/2020) (Foto: TataBerita)

| Pemerintah Kota Tanjungbalai (Sumut) kembali sukses lakukan penjemputan gelombang kedua terhadap 155 orang pekerja migran (TKI) warga Tanjungbalai yang berada di Malaysia, Kamis (21/5/2020) sore.

“Alhamdulillah, pada hari ini, Kamis (21/5/2020), kita telah menjemput (TKI) warga Tanjungbalai, yang berjumlah 156 orang, dari Malaysia (Port Klang Selangor-red) ke Tanjungbalai (Pelabuhan Teluk Nibung). Mereka tiba di sini, pada pukul 5 sore,” terang Walikota Tanjungbalai, HM Syahrial SH MH, di Pelabuhan Teluk Nibung, Kamis (21/5/2020).

Selanjutnya, penjemputan gelombang ketiga akan dilakukan setelah Lebaran karena pihak Pemerintah Malaysia telah libur menyambut Hari Raya Idul Fitri 1441 H terhitung sejak Jumat (22/5/2020).

“Keberangkatan (tim penjemputan) tahap tiga, insya Allah dilakukan setelah Lebaran nanti karena di Malaysia hari Jumat (22/5) sudah libur menyambut Hari Raya. Untuk warga Tanjungbalai yang berada di Malaysia, tetap tenang dan tetap sabar. Insya Allah, kami akan jemput ke Malaysia nanti,” imbuh Syahrial.

Dari pantauan lapangan, para pekerja migran (TKI) menjalani Protokol Kesehatan Covid-19 saat tiba di Pelabuhan Teluk Nibung. Mulai dari penyemprotan disinfektan tubuh dan barang bawaan, rapid test di gedung Pelabuhan Teluk Nibung dan cek kesehatan lanjutan di Karantina Sementara GOR Mini Kota Tanjungbalai.

Para pekerja migran turun dari Kapal Ferry, Pelabuhan Teluk Nibung, Kamis (21/5/2020) (Foto: TataBerita)

Dari target penjemputan 440 orang TKI, Pemko Tanjungbalai berhasil memulangkan sebanyak 301 orang. Terbagi dalam dua gelombang penjemputan, gelombang pertama menjemput 146 orang TKI pada hari Senin (18/5/2020) lalu.

Seperti sebelumnya, Walikota Tanjungbalai HM Syahrial bersama Forkopimda Tanjungbalai menyambut langsung kepulangan para pekerja migran ini. Turut hadir Kapolres AKBP Putu Yudha Prawira, Danlanal TBA Let Kol Laut (P) Dafris, Dandim 0208 Asahan Letkol Sri Marantika, Kepala KSOP Tanjungbalai Afrizal Tanjung dan Sekdako Tanjungbalai Yusmada. (tb)