Menpan RB, Tjahjo Kumolo: Ibu Kota Baru Selesai, ASN Dipindahkan Serentak Tahun 2024

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo (Foto: Net)

Jakarta, TataBerita | Saat pembangunan Ibu Kota baru di Kalimantan Timur rampung, Aparatur Sipil Negara (ASN) akan dipindahkan secara serentak pada tahun 2024. Rencana pemindahan ASN secara serentak ini dipastikan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Tjahjo Kumolo.

“Perpindahan ASN akan dilakukan secara serentak dan besar-besaran pada tahun 2024,” ungkap Tjahjo dalam keterangannya, Jumat (31/1/2020).

Lebih lanjut, Tjahjo mengatakan, saat ini pihaknya tengah menyusun peta jalan proses pemindahan PNS dari kementerian dan lembaga pemerintahan.

“Terkait dengan perpindahan ibu kota negara, sebagaimana arahan Presiden, Kemenpan RB juga telah menyusun road map perpindahan ASN kementerian dan lembaga ke ibu kota negara baru di Kalimantan Timur,” terangnya.

Seperti diketahui, saat ini pemerintah tengah melaksanakan pembangunan Ibu Kota negara Indonesia yang baru di wilayah Sepaku, Provinsi Kalimantan Timur.

Untuk menindaklanjuti pemindahan Ibu Kota ini, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian telah menyampaikan usulan Rancangan Undang-Undang (RUU) masuk dalam Program Legislasi Nasional (Prolegnas) DPR RI Tahun 2020-2024. (tb)