Menteri Perhubungan Positif Corona, Istana Presiden Minta Semua Menteri Tes Kesehatan

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi (Foto: Net)

| Menteri Perhubungan (Menhub) RI, Budi Karya Sumadi, positif terjangkit virus Corona (Covid-19) nomor kasus 76. Kabar ini disampaikan langsung Menteri Sekretaris Negara, Pratikno, melalui konferensi pers yang dilakukan gedung Sekretariat Negara, Jakarta Pusat, Sabtu (14/3/2020) malam.

“Atas izin keluarga, kami menyampaikan bahwa Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi positif Corona,” terang Pratikno.

Pratikno tak menerangkan kronologis terjangkitnya Budi Karya dengan virus Corona. Dalam konferensi tersebut, Pratikno juga mengumumkan, atas perintah Presiden Jokowi, tugas-tugas Menhub saat ini dijalankan Menteri Kemaritiman dan Investasi, Luhut Panjaitan.

“Tugas Kemenhub berat saat ini, dan Bapak Presiden mengangkat Menko Maritim dan Investasi sebagai Menteri Perhubungan Ad Interim,” ungkapnya.

Saat ini, dikabarkan Budi Karya tengah dirawat di RSPAD Gatot Subroto Jakarta.

Diketahui, sebelum diumumkan terjangkit virus Corona, Budi Karya sempat mengikuti dua Rapat Terbatas (Ratas) Kabinet, yaitu Ratas Otonomi Khusus Papua dan Ratas Permasalahan Tanah di Sumatera Utara, di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Sementara itu, pihak Istana Kepresidenan meminta para menteri dan pejabat eselon I menjalani tes kesehatan tanpa terkecuali. Selain tes kesehatan, juga akan dilakukan pelacakan jejak kontaknya. Hal ini dilakukan menyusul diumumkannya Menhub, Budi Karya Sumadi, positif Corona dengan nomor kasus 76.

“Yang jelas memang semua menteri kabinet diminta tes tanpa terkecuali dan semua pejabat di bawahnya, eselon I di bawahnya. Termasuk (tracing) siapa saja yang pernah berhubungan dengan yang terkonfirmasi Corona. Lalu menambah imunisasi vitamin, jadi kita akan suntik imunisasi vitamin untuk supaya lebih punya daya tubuh,” terang Tenaga Ahli Utama Kepresidenan KSP, Dany Amrul Ichdan, Sabtu (14/3/2020), seperti dilansir dari detiknews.

Dani menerangkan, tracing (lacak jejak) kontak dan tes kesehatan adalah protokol penanganan virus Corona. (tb/dn)