Mitra Pilihan di Indo-Pasifik, Amerika Serikat Tingkatkan Kerjasama Bidang Pendidikan

Konsul Amerika Serikat untuk Sumatera Guy Margalith (Foto Serambinews)

Medan, TataBerita | Amerika Serikat (AS) saat ini berupaya meningkatkan kerjasama pendidikan di kawasan Indo-Pasifik dan menjadikan Indonesia sebagai mitra pilihan. Untuk mendukung langkah tersebut, Konsulat AS mengadakan pameran pendidikan di Medan pada 13 Februari 2020 mendatang.

Konsul AS untuk Sumatera, Guy Margalith, menyatakan sebanyak 13 Perguruan Tinggi ternama asal Amerika akan ambil bagian dalam pameran pendidikan bertajuk “U.S Higher Education” tersebut.

“Tidak hanya dari institusi pendidikan, pameran ini juga akan dihadiri oleh lembaga penyedia beasiswa seperti AMINEF (Yayasan Pertukaran Amerika Indonesia) yang mengelola beasiswa Fulbrigth, dan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP),” ujar Margalith, di Medan, Jumat (7/2/2020).

Margalith menambahkan, tujuan kegiatan ini membantu menjelaskan kepada pelajar Indonesia bagaimana mewujudkan impian menempuh studi di Amerika dan memperkenalkan berbagai institusi, jurusan, dan beasiswa yang ada di Amerika.

Pameran ini gratis dan terbuka untuk umum, diselenggarakan pada hari Kamis, 13 Februari 2020 mulai pukul 16.00 sore di Hotel Grand Aston City Hall, Grand Ballroom, Jalan Balai Kota No 1, Medan.

Berdasarkan data yang ada, saat ini terdapat 9.000 orang Indonesia yang sedang belajar di Amerika. Menurut Margalith, pihak AS berencana meningkatkan jumlah tersebut. (tb)