Mulai April 2020, Warga Medan Bisa Nikmati Bus Bebas Lampu Merah dan Gratis

Ilustrasi Kota Medan (Foto: Jurnalasia)

Medan, TataBerita | Untuk membantu mengurangi kemacetan di Kota Medan, pemerintah akan meluncurkan bus dengan skema buy the service (BTS). Kabar baiknya, bus ala Transjakarta ini bebas lampu merah dan gratis.

“Ada 81 unit bus dengan 5 koridor yang bakal dioperasikan pada April nanti. Bus bakal gratis selama satu tahun dalam rangka uji coba,” kata Plt Wali Kota Medan Akhyar Nasution sebagaimana keterangan tertulis, Kamis (6/2/2020).

Akhyar menambahkan, bus yang akan beroperasi nanti dilengkapi dengan teknologi sensor yang membuat lampu lalu lintas otomatis hijau saat bus hendak melintas.

“Artinya, bus ini tak akan terjebak macet gara-gara lampu merah,” ujar Akhyar.

Bus ini bisa diakses dengan menggunakan pembayaran uang elektronik (e-money). Selama setahun pihak penyedia jasa tidak akan mengurangi saldo yang ada di e-money karena pembayaran disubsidi oleh pemerintah.

Adapun 5 koridor bus yang akan dioperasikan adalah; Koridor 1, Terminal Pinang Baris-Lapangan Merdeka (46 halte); Koridor 2, Lapangan Merdeka-Terminal Amplas (56 halte); Koridor 3, Belawan-Lapangan Merdeka (112 halte); Koridor 4, Tuntungan-Lapangan Merdeka (87 halte); dan Koridor 5: Tembung-Lapangan Merdeka (42 halte). (tb)