Mundur Dari Kerajaan Inggris, Pangeran Harry dan Meghan Markle Ingin Mandiri dan Fokus Urus Keluarga

Pangeran Harry dan Meghan Markle (istrinya) mundur dari Anggota Senior Kerajaan (8/1/2020) (Foto: Net)

London, TataBerita | Usai memutuskan mundur dari keluarga kerajaan (8/1/2020), Pangeran Harry dan Meghan Markle (istrinya) berencana menghabiskan waktu di Inggris dan Kanada.  Harry dan Meghan Markle, tetap punya gelar Duke dan Duchess of Sussex. Mereka hanya meninggalkan gelar His/Her Royal Highness (HRH). Harry pun masih seorang pangeran.

Meski tak lagi menerima uang negara (Sovereign Grant), kemungkinan ia masih dapat dana dari bapaknya, Pangeran Charles.

Pangeran Harry adalah putra bungsu dari Putri Diana dan Pangeran Charles. Ia berada di nomor enam dari urutan pewaris tahta Inggris setelah Pangeran Charles, lalu Pangeran William dan tiga anaknya: Pangeran George, Putri Charlotte, dan Pangeran Louis.

Ratu Elizabeth II menyetujui pilihan hidup baru Pangeran Harry dan Meghan Markle. Walaupun, ia mengaku lebih berharap Pangeran Harry masih bertugas di kerajaan.

“Keluarga saya dan saya sepenuhnya suportif terhadap keingingan Harry dan Meghan untuk menciptakan kehidupan baru sebagai keluarga muda. Meski kami lebih suka mereka masih menjadi anggota keluarga kerajaan yang bekerja sepenuhnya, kami menghormati dan memahami keinginan mereka untuk memiliki kehidupan yang lebih independen sebagai keluarga, serta masih sebagai anggota berharga keluarga saya,” ujar Ratu Elizabeth II dalam pernyataan resmi.

Pangeran Harry dan Meghan Markle (istrinya) mundur dari Anggota Senior Kerajaan (8/1/2020) (Foto: Net)

Pangeran Harry pergi ke Kanada setelah menghadiri pertemuan investasi Inggris-Afrika di London, ini adalah tugas terakhir Pangeran Harry sebagai anggota kerajaan, seperti dilansir dari Channel News Asia, Selasa (21/1/2020).

Harry pergi menuju Vancouver, Kanada, untuk kembali bersama istri dan putranya.

Seperti diketahui, keputusan Pangeran Harry dan Meghan Markle meninggalkan kerajaan (8/1/2020), melalui akun Instagram milik Sussex Royal mengejutkan banyak dan mengundang ragam respon dari dunia, terutama masyarakat di Inggris.

“Kami berniat mundur sebagai Anggota Senior Kerajaan dan bekerja agar bisa mandiri secara finansial,” ujar Pangeran Harry dan Meghan Markle, seperti dilansir dari BBC.

Peristiwa ini memunculkan julukan Megxit (Meghan Exit) yang terinspirasi dari Brexit (British Exit). (tb/cna/bbc)