Museum & Galeri SBY-ANI: SBY Mohon Restu Masyarakat Indonesia, Wariskan Nilai dan Dorong Pariwisata

Groundbreaking Museum dan Galeri Seni SBY-ANI, Pacitan Provinsi Jawa Timur, Sabtu (22/2/2020) (Foto: Istimewa)

| Mantan Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memohon restu masyarakat Indonesia untuk kesuksesan dan kelancaran pembangunan museum dan galeri seni SBY-ANI. Hal ini dikatakan SBY saat peresmian dimulainya pembangunan musem dan galeri seni SBY-ANI, di Pacitan Provinsi Jawa Timur, Sabtu (22/2/2020).

“Museum ini kami persembahkan untuk masyarakat Indonesia utamanya generasi muda dan generasi mendatang. Juga dipersembahkan untuk Almarhumah Ibu Ani Yudhoyono. Ini adalah tanda cinta saya dan keluarga yang amat dalam pada almarhumah istri tercinta,” ujar SBY di hadapan para hadirin.

SBY melanjutkan, ia dan Almarhumah Ibu Ani Yudhoyono terinspirasi dari Museum Kepresidenan Amerika Serikat seperti Truman, Eisenhower, Clinton, dan Bush yang pernah dikunjungi.

“Dari situlah, saya mendapatkan inspirasi membangun museum di Pacitan,” terang SBY.

Direktur Museum dan Galeri Seni SBY-ANI, Ossy Dermawan, menyampaikan Museum Kepresidenan SBY menampilkan sejarah hidup SBY.

“Dimulai dari masa kecil dan remaja SBY di Pacitan, hingga terpilih menjadi presiden pertama yang dipilih secara langsung oleh rakyat di tahun 2004,” jelas Ossy.

Ossy menambahkan, Museum & Galeri Seni SBY-Ani adalah cara SBY mewariskan nilai-nilai kepemimpinan dan pemikirannya kepada para generasi muda penerus bangsa. SBY tak hanya mengajarkan kegigihan, kerja keras, dan berpikir cerdas, tetapi juga bagaimana mengambil kebijakan publik yang efektif dan tepat sasaran.

Museum ini juga dilengkapi galeri seni Ani Yudhoyono, dedikasi mengenang warisan (legacy) dan kontribusi besar Ibu Kristianti Herwati atau Ani Yudhoyono kepada bangsa saat mengabdikan diri sebagai Ibu Negara (2004-2014).

Bupati Pacitan, Indartato, atas nama pemerintah daerah mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada SBY dan keluarga karena membangun museum dan galeri seni di bumi Pacitan.

“Tahun 2019, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pacitan berjumlah 2.300.000 orang. Mudah-mudahan ketika museum sudah jadi, bisa bertambah menjadi 5 juta wisatawan,” ujar Indartato.

Sementara itu, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, mengapresiasi positif pembangunan museum dan galeri seni SBY-ANI.

“Mudah-mudahan pembangunan museum ini menjadi resonansi dan gravitasi luar biasa untuk warga Pacitan, Jawa Timur dan Indonesia. Museum dan Galeri Seni SBY-ANI ini juga merupakan hadiah karena berbarengan Hari Jadi Kabupaten Pacitan ke-275,” pungkas Khofifah. (tb)